Sukses

Ritual Tanam Kepala Sapi Saat 1 Sura di Lereng Gunung Semeru

Warga lereng Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, turun temurun menggelar ritual tanam kepala sapi saat 1 Sura.

Liputan6.com, Lumajang - Ribuan warga lereng Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur, memperingati 1 Sura dengan mengarak gunungan hasil bumi mengelilingi desa setempat, Kamis siang, 21 September 2017.

Selain mengarak hasil bumi, peringatan 1 Muharam ini juga dipadukan dengan tradisi penanaman kepala sapi di sumber mata air. Ada pula penampilan kepala desa setempat yang berperan sebagai Patih Gajah Mada dalam drama kolosal. Acara diakhiri dengan perebutan hasil bumi oleh ribuan warga.

"Acara ini adalah acara adat setiap 1 Sura dan diadakan di hutan bambu. Warga Sumbermujur menampilkan banyak hasil pertanian yang dibentuk gunungan sebagai bentuk syukur bisa menikmati hasil hasil pertanian tumbuh di Sumbermujur," tutur Kepala Desa Sumbermujur, Syafii kepada Liputan6.com.

Salah satu warga, Sumarni berharap acara itu bisa memberi keselamatan warga. Ia juga berharap ditambahi rizki yang banyak serta kemakmuran bagi warga Desa Sumbermujur.

"Acara seperti ini sudah turun menurun dari nenek moyang kita dulu," kata Sumarni.

Hal senada juga diucapkan salah satu warga, Sri Safari yang berharap pasca-acara adat itu, warga diberikan berkah pada tahun mendatang dan bisa dijauhkan dari segala bencana, terutama dari bencana erupsi Gunung Semeru.

"Semoga petaninya lebih sukses dan semoga selamat," ujar Sri.

Saksikan video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.