Sukses

Kebakaran Pasar Leles Garut Telan Kerugian hingga Miliaran Rupiah

Kerugian berasal dari hangusnya ratusan kios pedagang dan sejumlah rumah warga sekitar lokasi kebakaran.

Liputan6.com, Garut - Kebakaran Pasar Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat, diperkirakan menelan kerugian hingga Rp 2,654 miliar. Kebakaran ini terjadi pada Senin petang, 11 September 2017.

"Jadi kerugiannya selain kios dan los yang terbakar, ada juga rumah warga yang berada di sekitar pasar yang terkena dampak, jumlahnya ada 11," ujar Komandan Koramil Leles, Kapten Danzaini, Selasa, 12 September 2017.

Berdasarkan perhitungan data kerugian yang dilakukan Dinas Koperasi Pasar, pihak kepolisian dan Danramil setempat, total kerugian bersumber dari hangusnya 171 kios dan los milik pedagang, serta belasan rumah warga yang berada tak jauh dari lokasi kebakaran.

"Informasi awal dari Kepala Bidang Pasar, nilai kerugiannya mencapai Rp 2,654 miliar," Danzaini menegaskan.

Beruntung, dalam musibah yang terjadi cukup singkat itu, tidak ada korban jiwa dari pihak pedagang dan masyarakat sekitar. Usai peristiwa itu, Danzaini mengatakan aktivitas perdagangan tetap berjalan di Pasar Leles.

"Kita juga hari ini menurunkan anggota untuk membantu pedagang melakukan pembersihan, dan sejak semalam juga kita sudah menurunkan anggota untuk membantu warga mengevakuasi barang dagangan," ujar dia.

Untuk menghindari musibah serupa, Kepala Seksi Penyelamatan Nonkebakaran Dinas Pemadam Kebakaran Kabupaten Garut, Tubagus Agus Sofyan mengimbau seluruh warga lebih bijak menggunakan fasilitas dan sarana yang berhubungan dengan listrik.

"Percikan kecil saja bisa memicu kebakaran yang besar, apalagi angin tidak jarang berhembus dengan kencang sehingga bisa semakin melebar kebakarannya," Tubagus menambahkan.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.