Sukses

Sapa Pagi dari Hangatnya Pasir Putih di Pantai Tarimbang

Perpaduan cantik putihnya pasir dan birunya laut dan langit menjadikan Pantai Tarimbang sebagai tempat yang memesona para wisatawan.

Liputan6.com, Kupang - Sudahkah Anda mendengar tentang keindahan Pantai Tarimbang, yang berada di Pulau Sumba Timur, Nusa Tenggara Timur? Mungkin pantai ini tidak begitu populer seperti pantai di Bali maupun Lombok. Sekalipun tidak setenar pantai-pantai di lokasi tersebut, keindahan dari pantai ini sungguh tidak dapat dipungkiri.

Saat matahari menyapa, kilau pasir putih, dan air laut yang jernih membuat pantai ini memancarkan kecantikannya. Tidak mengherankan, bila kemudian Pantai Tarimbang menjadi salah satu pantai yang memesona di Indonesia dan dikagumi para wisatawan, baik wisatawan lokal, maupun mancanegara.

Hal itu terbukti saat musim libur tiba, banyak wisatawan yang datang untuk melihat keindahan pantai yang berada di selatan Kota Waingapu ini.

Perpaduan warna putih dari pasir dan biru dari langit dan laut meneduhkan perasaan setiap mata yang memandang. Sisi kiri dan kanan pantai terdapat bukit dan tebing yang indah, sehingga pantai ini menjadi tempat yang cocok untuk menenangkan hati dan menyegarkan pikiran.

Pantai Tarimbang seolah ditata dengan apik oleh Yang Kuasa. Pohon besar yang telah mengering muncul di tengah pasir pantai yang putih, dan jika berjalan ke arah kanan terdapat laguna kecil air tawar dengan latar belakang belantara kehijauan. Saat arus datang, air laut bercampur dengan air tawar di laguna ini, sungguh sangat menakjubkan.

Air laut di Pantai Tarimbang ini pun terbilang belum tercemar, sehingga wisatawan tidak perlu ragu meski hanya bermain dengan riak ombaknya. Namun, tidak ada salahnya juga mencoba berenang, menyelam, bermain ski air, ataupun berselancar sambil menikmati pemandangan bawah laut di pantai ini. Pasalnya, pantai ini masih belum ramai pengunjung, jadi seperti berlibur di pantai pribadi.

Anggota DPRD Sumba Timur, Ali Oemar Fadaq mengatakan, Pantai Tarimbang merupakan salah satu keajaiban dunia dan tetap dijaga keasliannya.

"Pemerintah hanya menyediakan fasilitas saja dan tidak diizinkan ada hotel-hotel mewah di sana. Jika ada pun jauh dari lokasi pantai. Kita tetap jaga keasliannya," kata Oemar kepada Liputan6.com, Kamis, 7 September 2017.

Untuk pengadaan seperti kafe, diserahkan kepada masyarakat desa di lokasi pantai. Untuk masuk ke lokasi pantai pun tidak dipungut biaya.

Menurut Oemar, Pantai Terimbang terkenal dengan dua sisi ombak yang berbeda yang akan menyenangkan para peselancar. Jadi, tunggu apa lagi, jika ke NTT, jangan hanya ke Pulau Komodo, Anda wajib berkunjung ke Pantai Terimbang, surganya Sumba Timur.

Simak video pilihan berikut ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.