Kemenkumham Sumsel Rekrut CPNS Posisi Penjaga Lapas

Oleh Nefri Inge pada 12 Sep 2017, 07:30 WIB
CPNS Kemhumham Kanwil Sumsel harus melewati seleksi tinggi badan (Liputan6.com / Nefri Inge)

Liputan6.com, Palembang - Penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan (Sumsel) di hari pertama dipadati puluhan ribu peserta pendaftar.

Dari 27.000 orang pendaftar CPNS Kemenkumham Sumsel, hanya akan diterima sebanyak 604 orang PNS yang akan ditempatkan di seluruh kabupaten/kota se-Sumsel.

Zulkifli selaku Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadipas) Kanwil Kemenkumham Sumsel mengatakan, sebagian besar PNS yang diterima akan ditempatkan sebagai penjaga lembaga pemasyarakatan (lapas) dan rumah tahanan (rutan) di Sumsel.

"Penghuni lapas dan rutan sudah melebihi kapasitas, tapi jumlah penjaganya sudah banyak berkurang. Apalagi selama 4-5 tahun ini pegawai banyak yang pensiun dan ada yang bermasalah," ucap dia kepada Liputan6.com di sela seleksi CPNS Kemenkumham Sumsel di Lapangan Kamboja Palembang, Senin, 11 September 2017.

Untuk jumlah idealnya, pegawai lapas untuk Klas 1 harus 100 orang, sedangkan saat ini hanya terpenuhi sebanyak 75 pegawai. Bahkan di beberapa rutan di kabupaten, jumlah pegawai tidak sesuai dengan jumlah tahanan.

Di Kota Tebingtinggi, Kabupaten Empat Lawang, jumlah tahanan mencapai 200 orang. Sementara di Martapura, Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, bahkan membludak hingga 300 orang tahanan.

Penambahan pegawai lapas dan rutan nantinya diharapkan bisa meminimalkan tingkat kekerasan dan kasus narapidana (napi) kabur dari lapas.

"Penambahan jumlah pegawai sudah diajukan Menteri Hukum dan HAM ke Presiden Joko Widodo. Kuota yang disetujui sebanyak 17.000 pegawai untuk seluruh Indonesia. Di Sumsel sendiri hanya menerima 604 PNS baru," katanya.

Pendaftaran CPNS Kemhumham Sumsel sudah dimulai sejak beberapa bulan lalu. Penyeleksiannya akan dimulai selama tujuh hari ke depan dengan kuota 2.500 peserta setiap harinya.

Di seleksi pertama, peserta CPNS Kemenkumham Sumsel akan diseleksi tinggi badan dengan minimal 155 centimeter untuk wanita dan 160 cm untuk pria, serta seleksi verifikasi dokumen.

Untuk tamatan SMA sederajat, penyeleksian digelar di Lapangan Kamboja Palembang. Sedangkan untuk lulusan Strata-1 (S1) dan Strata-2 (S2), mengikuti seleksi CPNS di SMK Negeri 3 Palembang dan kantor BKN Palembang.

"Ada tiga seleksi, yaitu tinggi badan dan verifikasi dokumen, seleksi C.A.T dan Kesemetaan," Zulkifl menambahkani.

Weliam Sudarta (24), salah satu CNPS Kemenkumham Sumsel, mengatakan dirinya sudah sejak pukul 08.00 WIB datang dan mengantre.

"Baru pukul 10.00 WIB tadi dipanggil masuk, tapi belum dipanggil lagi untuk ukur tinggi badan dan verifikasi dokumen," katanya.

Ia mengetahui informasi tersebut dari internet. "Jadi saya tertarik mencoba. Apalagi tamatan SMA dibutuhkan untuk penjaga lapas," ujar CPNS asal Palembang ini.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Agustinayani58Agustinayani58

tuh yang paling banyak emang ya kayanya

Muse94Muse94

yoi biar penjaga lapasnya gak terlalu sedikit

santihsantih

cie diukur tinggi badannya, tips nih untuk yang tinggi badannya kurang...pake heels aja hahaha garing yak

Lihat Lainnya