Sukses

Kapan Anggrek Cantik Khas Merapi Jadi Ikon Sleman?

Anggrek cantik dari lereng Merapi ini bernama Vanda Tricolor itu terbilang lebih istimewa dari bunga sejenis yang tumbuh di NTB dan Jabar.

Liputan6.com, Sleman - Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, berharap tanaman khas lereng Gunung Merapi, Anggrek Vanda Tricolor, dapat menjadi ikon Kabupaten Sleman, selain salak pondoh.

"Anggrek Vanda Tricolor yang ada di lereng Merapi, ini sangat cantik dan memiliki keharuman khas, sehingga sangat bagus bila dapat menjadi ikon Kabupaten Sleman," kata pengurus Perhimpunan Anggrek Indonesia (PAI) Kabupaten Sleman Titi di Sleman, Senin (11/9/2017), dilansir Antara.

Pihaknya juga mendorong Pemerintah Kabupaten Sleman untuk dapat menetapkan Anggrek Vanda Tricolor menjadi ikon dan tanaman unggulan daerah setempat.

"Dengan ditetapkan sebagai ikon, maka Anggrek Vanda Tricolor ini juga semakin dikenal masyarakat luas sebagai tanaman khas dari Kabupaten Sleman," katanya.

Ia mengatakan pula, Anggrek Vanda Tricolor banyak tumbuh di hutan-hutan lereng Gunung Merapi, baik itu yang berada di wilayah Kabupaten Sleman, di Kabupaten Magelang, maupun Klaten di Jawa Tengah.

"Selama ini, yang lebih fokus mengembangkan dan membudidayakan Anggrek Vanda Tricolor baru Sleman. Sehingga tidak ada salahnya jika Anggrek Vanda Tricolor ini ditetapkan sebagai ikon Kabupaten Sleman," ujarnya.

Titi yang juga pemilik Kebun Anggrek "Titi Orchid" di Pakem Sleman itu menambahkan, Dinas Pertanian Kabupaten Magelang sudah beberapa kali mengirimkan petugasnya untuk belajar budi daya Anggrek Vanda Tricolor ke Sleman.

"Jika Pemda Sleman tidak segera menetapkan Anggrek Vanda Tricolor ini sebagai ikon, maka dikhawatirkan justru daerah lain yang lebih dulu menetapkan Anggrek Vanda Tricolor sebagai ikon," katanya.

Ia menjelaskan, jenis Anggrek Vanda Tricolor diakui memang bukan tanaman endemik Gunung Merapi karena juga terdapat di daerah lain, seperti di Jawa Barat atau Lombok, NTB. Namun, warna dan bentuk Vanda Tricolor yang ada di Merapi beda dengan yang ada di daerah lain.

"Anggrek Vanda Tricolor memang ada juga di daerah lain, tetapi tidak ada totol merah putihnya. Setiap daerah memengaruhi tumbuh kembangnya Vanda Tricolor, Vanda Tricolor Merapi ini lebih cerah dan harum serta lebih tahan lama," katanya.

Pengurus PAI Sleman lainnya, Kadarsono mengatakan, dahulu Anggrek Vanda Tricolor banyak tumbuh di lereng Merapi, tapi beberapa kali erupsi mengakibatkan Anggrek Vanda Tricolor hampir punah.

"Kami ingin Anggrek Vanda Tricolor ini tetap terjaga kelestariannya dan dapat menjadi ikon Sleman. Vanda Tricolor sudah sangat langka. Kalau pengembangbiakannya hanya mengandalkan di lereng Merapi tidak efektif karena akan ada erupsi lagi. Masyarakat diharapkan ikut menanam dan melestarikan di sekitarnya," ucapnya.

Saksikan video pilihan di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.