Sukses

Pesta Bunga Cantik di Jalanan Kota Malang

Kostum dengan desain bunga pada festival di Malang ini berbahan baku limbah kertas sampai plastik.

Liputan6.com, Malang - Ratusan 'bunga' cantik berjalan berlenggak – lenggok menyusuri Jalan Simpang Balapan hingga Jalan Ijen Kota Malang, Jawa Timur. Bunga itu adalah para peserta Malang Flower Carnival 2017 yang mengenakan kostum dengan desain cantik.

Ini adalah tahun ketujuh Malang Flower Carnival digelar oleh Pemerintah Kota Malang. Tercatat ada 214 peserta. Selain dari Malang, peserta juga berasal dari berbagai daerah seperti Bali, Jogjakarta, Solo, Sulawesi Selatan. Beberapa mahasiswa asing pun turut berpartisipasi.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Malang, Ida Ayu Made Wahyuni mengatakan, seluruh peserta dibebaskan berkreasi dalam mendesain kostumnya tapi wajib bertemakan bunga.

"Dipacu kreatifitasnya, serta harus menonjolkan ciri khas daerahnya. Tema besar kegiatan kali ini adalah eksotika bunga nusantara," kata Ida di Malang, Minggu 10 September 2017.

Kostum para peserta beraneka desain, mulai kombinasi warna yang kontras mencolok mata sampai sayap menjulang. Seluruh bahan kostum itu hasil daur ulang limbah seperti kertas maupun plastik yang ramah lingkungan.

"Kegiatan ini bisa memacu pengembagan pariwisata dan ekonomi masyarakat tanpa melupakan budaya lokal," ucap Ida.

Even dengan peserta mulai dari pelajar sampai komunitas masyarakat ini mampu menyedot minat warga. Turis asing pun tampak tak mau kalah di antara jubelan penonton. Even rutin digelar setiap tahun di Jalan Ijen, salah satu kawasan heritage Kota Malang.

Deputi Pengembangan Bidang Pemasaran Kementerian Pariwisata, Esthi Reko Astuti mengatakan, kementerian memfasilitasi promosi even Malang Flower Carnival 2017 ke 27 negara.

"Harapannya bisa menggenjot angka kunjungan wisatawan ke Malang sekaligus belajar budaya. Sehingga ada dua nilai sekaligus yang didapat, nilai budaya dan nilai komersil," tutur Esthi.

Malang Flower Carnival rencananya akan hadir ke pertemuan top chairman carnival di Paris, Prancis pada 24 September mendatang. Kostum Malang flower Carnival pernah menjuarai beberapa parade budaya internasional di eropa.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.