Sukses

Idul Adha, 2 Gempa Goyang Manado

Gempa di Manado, warga kaget saat mau salat Idul Adha.

 

Liputan6.com, Manado - Dua kali gempa bumi mengguncang Manado pada Jumat (01/09/2017) pagi. Meski pusat gempat berada di Kabupaten Bolmong Timur, Provinsi Sulut, namun gempa ini cukup mengusik warga Manado yang sedang menyiapkan diri menjalankan salat Idul Adha.

“Kami cukup kaget juga, karena gempa itu terasa saat sementara bersiap menuju lokasi salat ied,” ujar Anshar Yusuf, warga kelurahan Istiqlal, Kecamatan Wenang, Manado.
Meski demikian, Yusuf mengaku tidak mengganggu persiapannya mengikuti salai ied sekaligus perayaan Idul Adha bersama keluarga.

Data yang dikeluarkan BMKG Sulut menyebutkan, gempa yang pertama terjadi pukul 06:57:37 Wita dengan kekuatan 5,4 SR dengan pusat gempa di 127 km tenggara, Boltim.
“Namun getarannya dirasakan hingga ke Manado dan Kabupaten Minahasa,” jelas Yandri Wola, dari BMKG Sulut.

Sedangkan gempa kedua berkekuatan 4,0 SR terjadi pukul 07:09:17 Wita, dengan pusat gempa pada 81 km Tenggara Boltim, namun getarannya juga dirasakan hingga di Manado.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Gempa adalah peristiwa bergetar atau bergoncangnya bumi karena pergerakan atau pergeseran lapisan batuan pada kulit bumi secara tiba‐tiba.

    Gempa

  • Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.
    Manado adalah ibu kota Provinsi Sulawesi Utara, Indonesia.

    Manado

  • Idul Adha adalah salah satu perayaan besar umat Islam yang di dalamnya ada pelaksanaan ibadah haji dan pemotongan hewan kurban.

    Idul Adha