Zumi Zola Kirim 2 Guru Jambi Belajar ke Prancis

Oleh Bangun Santoso pada 30 Agu 2017, 18:00 WIB
Zumi Zola

Liputan6.com, Jambi - Gubernur Jambi, Zumi Zola baru saja melepas dua orang guru di Jambi untuk belajar ke Eropa, tepatnya ke Prancis. Dua guru SMK itu akan menetap selama tiga bulan di negara yang terkenal dengan Menara Eiffel-nya itu.

Dua orang guru SMK itu adalah Indra Fabriono dari SMK Negeri 1 Kabupaten Tanjung Jabung Timur dan Agus Sumbodo dari SMK Neger 4 Kota Jambi. Kedua guru ini terlebih dahulu diundang Zumi Zola di rumah dinas Gubernur Jambi pada Selasa, 29 Agustus 2017.

"Di Perancis, satu orang belajar kemaritiman dan kelautan. Dan satu lagi belajar tentang perhotelan. Itu semua sesuai dengan bidang ilmunya masing-masing," ujar Zumi Zola.

Menurut Zola, sebelum menempuh perjalanan panjang ke Eropa, kedua guru itu terlebih dahulu akan diberi pelatihan di Jakarta. Mereka direncanakan berangkat ke Prancis pertengahan September 2017 nanti.

Zola menjelaskan, pengiriman dua guru ke Prancis itu adalah bagian dari program Bantuan Beasiswa Belajar di Prancis. Kedua guru itu nantinya akan diberi bekal selama tiga bulan di Prancis dan pulang kembali ke Jambi untuk berbagi ilmu kepada guru lainnya.

Sebelumnya, Kepala Bidang SMA, Dinas Pendidikan (Disdik) Provinsi Jambi, Abdul Mukti mengatakan, dua guru yang akan dikirim ke Prancis itu masuk sebagai guru terbaik di Jambi. Keduanya sebelumnya telah ikut seleksi untuk mendapatkan program bantuan beasiswa ke Prancis.

Program bantuan beasiswa itu berupa program bantuan beasiswa non degree. Ini merupakan bagian dari program Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI.

Prancis sebagai negara tujuan karena disebut memiliki desain pendidikan yang baik. Kedua guru tersebut diharapkan bisa mendapatkan gambaran terkait pendidikan SMK yang ada di Prancis. Baik itu pendidikan bidang kemaritiman dan kelautan maupun perhotelan.

Sementara itu, Indra Febriono mengaku bangga bisa terpilih sebagai salah satu guru dari Jambi yang terpilih untuk belajar ke Prancis. Baginya, itu merupakan tanggung jawab besar selama proses belajar nanti.

"Harus belajar sebaik mungkin agar sepulangnya dari Prancis, bisa meningkatkan sistem pendidikan di Indonesia, khususnya di Jambi," ujar Indra.

Saksikan video menarik di bawah ini: