Sukses

Cara Kekinian Presiden Jokowi Lepas Kangen dengan Sang Cucu

Jan Ethes Srinarendra adalah cucu pertama Presiden Jokowi dari putra sulungnya, Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda.

Liputan6.com, Solo - Perkembangan teknologi dimanfaatkan benar oleh Presiden Joko Widodo atau Jokowi, termasuk mengunakannya sebagai media untuk merekatkan dengan anggota keluarga. Terutama, melepas kangen dengan cucu pertamanya, Jan Ethes Srinarendra.

Semenjak menjalani karir politik sebagai Gubernur DKI Jakarta dan kemudian menjadi Presiden RI, Jokowi menetap di Ibu Kota. Sementara, anak-anaknya memilih untuk tetap tinggal di Solo, Jawa Tengah. Salah satunya adalah putra sulung Jokowi, Gibran Rakabuming Raka.

Gibran menikah dengan Selvi Ananda pada 2015. Lantas, tahun 2016, lahirlah putra pertama pasangan ini yang tak lain juga cucu perdana Presiden Jokowi yang diberi nama Jan Ethes Srinarendra.

Kini, Jan Ethes sudah berusia 17 bulan. Perkembangannya begitu terlihat, ia tumbuh menjadi balita yang sehat dan menggemaskan.

"Ethes sudah bisa berlari-lari, enggak bisa diam. Dia sedang senang explore apa saja," ucap menantu Presiden Jokowi, Selvi Ananda, di Car Free Day Solo, Minggu, 27 Agustus 2017.

Presiden Joko Widodo dan Iriana Jokowi sebagai kakek dan nenek juga mengikuti perkembangan sang cucu. Caranya cukup kekinian, menggunakan video call untuk sekadar lepas kangen atau melihat perkembangan Jan Ethes.

"Iya ini tiap malam lagi senang video call sama Mbah Uti dan Mbah Kakungnya (nenek dan kakek). Mbah Uti sama Mbah Kakungnya melihat perkembangan Ethes, hari ini bisa apa, terus besok bisa apa," tutur menantu Jokowi yang pernah menjadi Putri Solo tahun 2009 tersebut.



* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Suka Musik

Perkembangan dari cucu pertama Presiden Jokowi ini begitu terlihat. Salah satu yang menonjol adalah kesukaannya pada musik.

Jan Ethes Srinarendra terlihat asyik duduk sambil bermain di kereta dorong bayi ditemani sang ibunda, Selvi Ananda. Sedangkan ayahnya, Gibran Rakabuming Raka sibuk menenami adiknya, Kaesang Pangarep yang sedang mempromosikan kaos kecebong di Car Free Day Solo, Minggu, 27 Agustus 2017.

Mantan Putri Solo ini tampak selalu ada di samping Jan Ethes yang duduk di kereta dorong bayi. Ethes tampil cukup kasual, mengenakan kaus warna oranye dan celana pendek putih dan sepatu kets warna putih.

Di sela-sela menemani suaminya, Selvi sedikit berbagi mengenai perkembangan dari Jan Ethes. Selvi dengan semringah menceritakan perkembangan sang anak.

"Ini usianya sudah 17 bulan dan bulan depan sudah satu setengah tahun," kata Selvi.

Di usia tersebut, Jan Ethes sering berlari-lari dan sangat sulit diam. Selain itu ada satu hal mencolok dari Jan Ethes. Bocah yang lahir pada 10 Maret 2016 lalu itu ternyata suka dengan musik.

Saat ada suara musik dari instrumen piano dan gitar, Jan Ethes begitu senang. Bahkan, Jan Ethes juga kerap bermain gitar atau piano. "Ya biar cuma pegang senar terus dimainkannya. Terus seneng main tuts piano juga," ujarnya.

Walau senang dengan musik, Selvi tidak serta-merta mengarahkan Jan Ethes untuk kemudian hari berkarier di bidang musik. Menurut dia, ini masih terlalu dini, mengingat Jan Ethes juga masih kecil.

"Enggak kok, masih kecil. Nanti masih berproses juga," kata Selvi Ananda.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.