Sukses

Pencuri Mobil Permaisuri Raja Solo Ternyata...

Polisi menangkap pencuri mobil milik permaisuri Raja Solo di Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Liputan6.com, Solo - Aparat Kepolisian Resor Kota (Polresta) Surakarta, Jawa Tengah, berhasil mengungkap kasus pencurian mobil milik Kanjeng Ratu Pakubuwana XIII, permaisuri Raja Solo dari Keraton Kasunanan Surakarta, dengan menangkap pelakunya di Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah.

Wakil Kepala Polresta Surakarta, AKBP Andy Rifai mengatakan, pelaku yang mencuri mobil adalah W (45), warga Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo.

"Kami menangkap pelaku yang ternyata masih adik kandung dari korban, di rumahnya Desa Telukan, Grogol, Sukoharjo, pada Kamis (10 Agustus 2017), sekitar pukul 06.00 WIB," ucap Andy Rifai yang didampingi Kasat Reskim Polresta Surakarta, Kompol Agus Puryadi, di Solo, Senin (28/8/2017), dilansir Antara.

Saat menggeledah rumah pelaku, polisi menemukan sejumlah barang bukti yang ada di dalam mobil korban, ternyata disimpan di dalam tas milik tersangka di rumahnya.

Barang bukti kasus pencurian mobil milik permaisuri Raja Solo yang ditemukan di rumah pelaku antara lain surat STNK mobil atas nama KRAY Adipati Pradapaningsih alamat Keraton, RT 01/01, Baluwarti, Pasar Kliwon Surakarta, pelat nomor mobil AD 7220 AH, dan kunci mobil Pajero.

Selain itu sepasang spion, 12 keping CD, satu bungkus dupa, alat pengukur tekanan ban, pelat nomor palsu AD 88 AR, lima buah sekering mobil, dan lainnya.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Pencuri Kelabui Abdi Dalem

Sebelumnya pada 3 Juli 2017, mobil permaisuri Raja Solo dicuri dari dalam garasi yang terletak berdampingan dengan kediaman raja di Sasono Putro Kompleks Keraton Solo. Pencuri itu diduga masuk melalui pintu masjid di timur pintu masuk Sasono Putro.

"Mobilnya itu dicuri langsung di dalam garasi, tidak di luar," kata Kasat Reskrim Polresta Solo, Kompol Agus Puryadi, beberapa beberapa waktu lalu.

Saat mobil dibawa keluar dari garasi oleh pencuri, para abdi dalem yang menjaga pintu gerbang juga membukakan pintunya karena mengira yang ada di dalam mobil adalah keluarga raja.

"Sewaktu akan keluar, pencuri yang membawa mobil itu membunyikan klakson sebanyak tiga kali, kemudian yang jaga pintu gerbang langsung membukakan pintu dan mobil keluar," ujar Agus.

Mobil milik permaisuri Raja Keraton Kasunanan Surakarta Paku Buwono XIII Hangabehi, akhirnya ditemukan. Mobil Pajero Sport itu ditemukan di area parkir Pasar Gede Solo, Senin, 31 Juli 2017 lalu.

Kasat Reskrim Polresta Solo, Kompol Agus Puryadi mengatakan, mobil Mitsubishi Pajero Sport milik permaisuri Raja Solo yang hilang dicuri pada 3 Juli 2017 itu ditemukan di parkiran Pasar Gede, akhir Juli lalu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.