Sukses

Gempa Bumi Dangkal Goyang Pangalengan Bandung

Gempa bumi yang terjadi di koordinat episenter 7,28 LS dan 107,58 BT atau tepatnya berlokasi di darat.

Liputan6.com, Bandung - Gempa bumi tektonik berkekuatan 3,5 Skala Richter mengguncang wilayah Kabupaten Bandung, Jawa Barat, pada pukul 13.02 WIB.

Gempa bumi yang terjadi di koordinat episenter 7,28 LS dan 107,58 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 16 kilometer barat daya Kabupaten Bandung pada kedalaman 10 kilometer itu sempat dirasakan oleh warga.

Menurut Staf Pusat Pengendalian Data dan Operasi (Pusdalops) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), Eko, berdasarkan hasil analisis pada peta tingkat guncangan (shakemap) BMKG dan laporan dari masyarakat, gempa bumi dirasakan di daerah Pangalengan I SIG-BMKG (II MMI).

"Namun demikian hingga saat ini belum ada laporan adanya kerusakan," kata Eko dalam keterangan tertulis, Bandung, Jumat, 25 Agustus 2017.

Eko menjelaskan dilihat dari kedalaman hiposenternya, gempa bumi tersebut merupakan gempa bumi dangkal yang dipicu oleh aktivitas sesar lokal di daratan Jawa Barat.

Eko mengatakan berdasarkan hasil monitoring BMKG, hingga saat ini belum menunjukkan terjadi gempa bumi susulan.

"Masyarakat di daerah Kabupaten Bandung diimbau agar tetap tenang dan terus mengikuti arahan BPBD dan informasi BMKG," ujar Eko.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.