Sukses

Bikin Pagimu Ceria dengan Menimang 2 Anak Binturong Lucu Ini

Yang lucu dari kedua bayi binturong Jawa ini adalah bulunya yang berwarna cokelat dan agak terang.

Liputan6.com, Bandung - Keluarga besar dan pengunjung Kebun Binatang Bandung (KBB) dirundung kebahagiaan. Sebabnya, koleksi satwa di konservasi bekas situ ini bertambah dengan kehadiran dua bayi binturong Jawa.

Kedua ekor binturong yang belum memiliki nama tersebut diperkenalkan pengelola KBB pada Kamis, 17 Agustus 2017. Binturong lucu ini berjenis kelamin betina berusia 37 hari.

"Untuk jenis binturong ini statusnya di Indonesia terancam punah. Bahkan sudah dilindungi undang-undang," kata Kepala Divisi Konservasi Kebun Binatang Bandung, Dedi Trisasongko.

Dijelaskan Dedi, masing-masing hewan nokturnal tersebut saat ini berbobot 900 gram dan 700 gram. Sementara, masa bunting induk selama 91 hari.

"Untuk saat ini kondisinya sehat. Untuk makanannya sementara kita beri susu formula dan buah-buahan," ia menjelaskan.

Yang unik dari kedua bayi binturong Jawa ini adalah bulunya yang berwarna cokelat dan agak terang. Binturong adalah sejenis musang dengan bentuk tubuh agak besar. Berkaki empat dan memiliki kekuatan ekor yang berfungsi sebagai kaki kelima guna berpegangan pada dahan.

"Kekuatan utamanya ada pada ekor. Setelah usia 3 bulan baru bisa diliarkan," ia menerangkan.

Selain memakan daging, binturong pada umumnya juga menyukai buah-buahan seperti pisang dan pepaya.

Dengan kelahiran dua binturong ini, maka total ada 26 ekor koleksi binturong di KBB. Ditambahkan Dedi, binturong memiliki usia hidup selama 20-25 tahun.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.