Sukses

Merah Putih Berkibar Lebih Awal di Bagian Dangkal Samudra Hindia

Sang Saka Merah Putih berkibar di dalam laut Pantai Nglambor, sisi dangkal Samudra Hindia. Ada alasan kuat mengapa dikibarkan lebih awal.

Liputan6.com, Yogyakarta - Anggota komunitas snorkeling yang berbasis di Yogyakarta tak mau kalah untuk memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 RI. Mereka menggelar upacara bendera Merah Putih di dalam laut pada Senin petang, 14 Agustus 2017.

Kegiatan itu dipusatkan di Pantai Nglambor, Desa Purwodadi, Kecamatan Tepus, Gunungkidul, Yogyakarta. Para pesertanya rata-rata berasal dari komunitas Bintang Nglambor Snorkeling (BNS), meski terselip juga sejumlah wisatawan. Mereka melengkapi diri dengan sepatu, pelampung, masker, serta snorkel.

Saat gelombang laut sudah mulai tenang, pengibaran bendera dimulai dengan menyanyikan lagu kebangsaan "Indonesia Raya" dan penghormatan kepada Sang Saka Merah Putih yang akan dibawa ke tengah laut.

"Kita sengaja memilih hari Senin, karena saat tanggal 17 Agustus, ombak diperkirakan cukup tinggi. Kami memutuskan upacara hari Senin petang," kata Dominique Pramudita, pengurus Bintang Nglambor Snorkeling (BNS).

Ia menyatakan tidak mudah mengibarkan bendera Sang Merah Putih di Samudra Hindia. Besarnya gelombang membuat bendera sulit untuk dikibarkan. Hal itu, kata dia, menjadi simbol sulitnya meraih kemerdekaan yang diperjuangkan para pahlawan.  

"Ada pengalaman yang kita petik bahwa perjuangan para pahlawan tidak mudah, maka kemerdekaan yang saat ini kita raih harus diisi dengan kegiatan positif," katanya.

Adhitya Putratama, penyelam lainnya mengatakan, selain meningkatkan semangat nasionalisme dan rasa cinta Tanah Air, warga diajak menjaga ekosistem yang ada di Pantai Nglambor. Apalagi, laut selama ini merupakan sumber kehidupan bagi masyarakat sekitar.

Warga sekitar juga diajak menanam tumbuhan agar sekitar pantai lebih sejuk. "Kami menanam pohon cemara udang untuk menjaga ekosistem di sekitar pantai, dan untuk perindang juga," kata dia.

Apresiasi dan pengalaman upacara di dalam laut ini datang dari salah seorang wisatawan, Santika. Ia mengaku baru pertama kali ikut pengibaran bendera Merah Putih dengan cara unik tersebut.

"Bangga juga seneng bisa ikut pengibaran bendera di dalam laut. Ini yang pertama kali," katanya.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.