Sukses

Ada Perpustakaan Mini untuk Penumpang yang Bosan Menunggu Bus

Perpustakaan mini yang diberi nama Pojok Baca Halte Bus, terletak di sebelah kanan pintu keluar berdekatan dengan pintu perekaman tiket.

Liputan6.com, Jakarta Dinas Pendidikan (Disdik) Kota Yogyakarta menyediakan perpustakaan mini yang diberi nama Pojok Baca Halte Bus di Halte Transjogja Kotabaru. Tujuannya, penumpang yang menunggu bus Transjogja dapat menghabiskan waktunya dengan membaca buku.

Pojok baca terletak di sebelah kanan pintu keluar, berdekatan dengan pintu perekaman tiket. Ada 30 buku yang tersedia dengan tema beragam, seperti anak-anak, pendidikan, kesehatan, novel, agama, dan lain-lain. Buku-buku itu diperoleh dari Dinas Pendidikan, Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, serta donatur.

"Pojok baca ini juga untuk mendukung Gerakan Indonesia Membaca," ujar Dedi Budiono, Kepala Bidang PNF dan PAUD Disdik Yogyakarta, seusai meresmikan pojok baca di halte bus Transjogja Jalan Wardani, Kotabaru Yogyakarta, Senin (14/8/2017).

Ia sengaja memilih Halte Kotabaru sebagai pilot project Pojok Baca karena di daerah tersebut terdapat beberapa sekolah dan banyak lembaga pendidikan.

Rencananya, semua halte Transjogja dilengkapi dengan perpustakaan mini dalam waktu dekat, mengingat Dinas Perhubungan (Dishub) Yogyakarta sudah memberikan izin.

Halte lain yang dimaksud meliputi, Halte Gedongkuning, Malioboro, Taman Parkir Senopati, Ahmad Yani, Sudirman, RS Bethesda, MT Haryono, SMAN 7 Yogya, SD Pujokusuman, Sugioyono, Tentara Pelajar, SMPN 14, Giwangan, SMK Muh 3, Pasar Seni Kerajinan.

Dedi mengatakan, pojok baca menjadi tolok ukur untuk melihat sejauh mana minat baca masyarakat khususnya di DIY. "Kalau minat baca tinggi maka koleksi buku akan ditambah," ucapnya.

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.