Sukses

Peringatan HUT ke-67 Provinsi Jateng Bakal Berpusat di Jepara

Pesta rakyat bakal memuncaki peringatan HUT ke-67 Provinsi Jateng yang bertajuk Jateng Responsif, Kompetitif, Inovatif, dan Kreatif.

Liputan6.com, Semarang - Puncak peringatan Hari Ulang Tahun ke-67 Provinsi Jawa Tengah atau HUT Jateng yang menggunakan konsep pesta rakyat akan dipusatkan di Kabupaten Jepara, pada 25-27 Agustus mendatang.

"Peringatan Hari Jadi Provinsi Jateng tahun ini bertajuk 'Jateng Responsif, Kompetitif, Inovatif, dan Kreatif'," ucap Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Jateng Dadang Somantri di Semarang, Senin (14/8/2017), dilansir Antara.

Ia menjelaskan, pada puncak peringatan HUT ke-67 Jateng mendatang, beragam acara akan digelar di alun-alun Kabupaten Jepara. Mulai dari pameran produk kriya Dekranasda, usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Food Festival dan Kuliner, pameran peningkatan produk industri agro, pojok konsultasi bisnis, parade band, lomba nyanyi, lomba fotografi, pameran digital kreatif media, serta festival olahraga rekreasi daerah.

Pada 25 Agustus 2017 akan ada pertunjukan seni budaya Jateng yang diikuti seluruh jajaran kabupaten/kota. Selanjutnya, pada 26 Agustus 2017 akan dilangsungkan pesta obor, Dekranasda Carnival, gowes jelajah Jepara, festival kupat, lepet, jajanan pesisir, ketoprak kontemporer, Bumi Kartini Night Run, penjualan sembako murah, serta lomba menggambar dan mewarnai untuk penyandang disabilitas.

Bagi masyarakat yang hendak mencari lowongan kerja bisa memanfaatkan job fair atau bursa kerja yang diselenggarakan pada 25-26 Agustus 2017. "Masyarakat silakan datang ke alun-alun Jepara dan menikmati ragam seni serta budaya yang ada di provinsi ini," ujarnya.

Kemeriahan HUT ke-67 Jateng masih berlanjut pada 27 Agustus 2017 dengan Festival Thongtek Jepara, senam pagi, jalan sehat, lomba menggambar dan mewarnai, serta orkes Melayu Ersa Musik. "Pesta Rakyat akan ditutup dengan menghadirkan grup band Shaggydog," katanya.

Sementara itu, upacara bendera peringatan hari jadi Provinsi Jateng akan dilaksanakan di Lapangan Pancasila, Simpang Lima Semarang, pada Selasa, 15 Agustus 2017.

Pada upacara HUT Jateng, seluruh peserta upacara kembali mengenakan pakaian adat seperti yang biasa digunakan di lingkup jajaran Pemerintah Provinsi Jateng setiap tanggal 15.

Adapun pakaian para pria pada upacara peringatan HUT Jateng adalah beskap Jawi Jangkep, lengkap dengan blangkon, keris, dan selop. Sedangkan para perempuan mengenakan kebaya.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.