Sukses

Misi Penyelamatan Orangutan Tersasar di Perkebunan Sawit

Tersesatnya beberapa orangutan ke perkebunan sawit milik masyarakat dilaporkan kepada petugas di sejumlah daerah di Provinsi Aceh.

Liputan6.com, Banda Aceh - Petugas Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Aceh mengevakuasi seekor orangutan betina dewasa yang memasuki perkebunan sawit masyarakat di Kabupaten Aceh Barat Daya, Provinsi Aceh.

Kepala BKSDA Aceh Sapto Aji Prabowo mengatakan, evakuasi digelar bersama tim Sumatran Orangutan Conservation Project Yayasan Ekosistem Lestari pada Kamis, 10 Agustus lalu.

"Evakuasi dilakukan di perkebunan sawit di Gampong Cok Seumantok, Kecamatan Babahrot, Kabupaten Aceh Barat Daya," ucap Sapto Aji Prabowo, Jumat 11 Agustus 2017, dilansir Antara.

Masuknya orangutan Sumatera (Pongo abelii) ke perkebunan sawit masyarakat dilaporkan kepada petugas Resor Konservasi Wilayah 8 Tapaktuan, sehari sebelumnya.

"Berdasarkan laporan tersebut, tim BKSDA bersama tim Sumatran Orangutan Conservation Project Yayasan Ekosistem Lestari menuju lokasi orangutan serta mengamankannya," kata dia.

Setelah diperiksa, orangutan tersebut dinyatakan sehat. Selanjutnya, orangutan tersebut dibawa ke Pusat Reintroduksi Orangutan Sumatra di Jantho, Aceh Besar.

Sebelumnya, BKSDA Aceh bersama tim Orangutan Information Center (OIC) menyita seekor orangutan yang dipelihara warga Dusun Reformasi, Desa Paya Ketapang, Kecamatan Sungai Raya, Aceh Timur. Orangutan tersebut disita pada Jumat, 4 Agustus silam.

Orangutan itu sudah dipelihara oleh yang bersangkutan selama dua tahun. Pemeliharaannya cukup memprihatinkan karena orangutan tersebut terus-menerus dirantai.

Sapto Aji Prabowo mengatakan, tim BKSDA dipimpin Suparman harus berjalan kaki sejauh lima kilometer di bawah guyuran hujan dan jalanan berlumpur untuk mencapai lokasi orangutan yang dirantai tersebut.

Setelah tiba di lokasi, mereka langsung menggelar pemeriksaan kesehatan awal. Menurut Sapto, proses pemeriksaan dibantu lampu senter karena kondisi sudah gelap. Orangutan kemudian dikirim ke pusat rehabilitasi di Sibolangit, Sumatera Utara.

"Setelah proses rehabilitasi, orangutan itu nantinya akan dilepasliarkan di kawasan orangutan Sumatera di Jantho, Aceh Besar," Sapto memungkasi.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.