Sukses

Gubernur Soekarwo Kaget Mebel Asal Pasuruan Kesohor di Italia

Soekarwo menceritakan, para pengusaha mebel Italia, rata-rata membeli produk mebel Pasuruan saat berwisata di Bali.

Liputan6.com, Pasuruan - Gubernur Soekarwo kaget ketika berkunjung ke negara Italia. Orang nomor satu di Provinsi Jawa Timur itu baru mengetahui, ternyata banyak mebel asal Pasuruan, memiliki pasar yang besar di sana.

"Saya kaget kok produk Pasuruan punya peminat yang tinggi di sini (Italia)," ujarnya, Jumat, 11 Agustus 2017, dilansir Antara.

Gubernur yang akrab disapa Pakde Karwo itu mengaku, baru mengetahui hal tersebut usai berkunjung ke tiga negara di Eropa, yaitu Italia, Jerman, dan Rusia. Kunjungan itu dalam rangka menjaga hubungan kerja sama di sejumlah bidang antarpemerintah.

Soekarwo menceritakan, para pengusaha mebel Italia, rata-rata membeli produk mebel Pasuruan saat berwisata di Bali. Mereka membeli produk Pasuruan dari kolektor yang ada di Pulau Dewata.

"Setelah saya teliti, ternyata benar produk Pasuruan, kemudian dijual oleh pedagang di Bali dan dibeli turis yang kebetulan pengusaha sehingga transaksinya di Bali, bukan di Pasuruan," katanya.

Karena itu, Gubernur Soekarwo akan mengajak pengusaha Italia untuk datang langsung ke Pasuruan. Supaya pengusaha mebel bisa transaksi langsung dengan pengusaha mebel lokal.

Sementara itu, di sela kunjungan dinas di Rusia, Gubernur Soekarwo menghadiri acara Bisnis Forum Rusia-Indonesia yang diselenggarakan KBRI Moskow, bekerja sama dengan Kementerian Perdagangan RI dan Business Council Rusia-Indonesia.

Sebanyak 300 pengusaha Rusia dan Indonesia, serta pejabat pemerintah kedua negara hadir dalam acara itu. Kegiatan bisnis forum ini sebagai rangkaian kegiatan Festival Indonesia 2017 yang ditargetkan dikunjungi 120 ribu pengunjung.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.