Sukses

Ayo Nobar Gerhana Bulan di Pesantren Assalam Malam Ini

Gerhana Bulan Sebagian (GBS) bisa terlihat di sebagian wilayah Indonesia.

Liputan6.com, Sukoharjo - Pondok Pesantren Modern Islam Assalam Kartasura, Sukoharjo, Jawa Tengah, akan menggelar nonton bareng (nobar) gerhana bulan pada Selasa dini hari, 8 Agustus 2017. Nobar fenomena alam tersebut terbuka untuk masyarakat umum.

Pembina Club Astronomi Santri Assalam (CASA), Ar Sugeng Riyadi, mengatakan, kegiatan nobar gerhana bulan akan dipusatkan di observatorium milik Pondok Pesantren Islam Modern Assalam yang terletak di lantai 6 komplek pesantren.

"Untuk nobar nanti akan dipusatkan di anjungan observatorium. Sedangkan yang di observatorium akan dilakukan pengamatan oleh para anggota CASA," kata dia, Senin (7/8/2017).

Nobar itu dibuka untuk masyarakat umum, tidak hanya terbatas untuk anggota club maupun santri Assalam. Sejumlah komunitas astronomi dari luar pesantren juga sudah konfirmasi untuk ikut menyaksikan fenomena alam itu.

"Kita persilakan masyarakat umum untuk bisa hadir ke anjungan observatorium untuk ikut nobar gerhana bulan. Ada Solo Astro Club yang sudah konfirmasi hadir," ujarnya.

Kegiatan nobar akan mulai dibuka pada pukul 23.00 WIB. Pasalnya puncak gerhana bulan secara perhitungan astronomi akan terjadi pada pukul 01:20:29 WIB. Adapun persiapan oleh anggota CASA untuk kegiatan pengamatan fenomena alam itu mulai pukul 22.00 WIB.

"Awal gerhana bulan dapat diamati dengan mata pada pukul 00:22:56 WIB dan akan berakhir pada pukul 02:18:12 WIB. Kita menyiapkan lima tele untuk melihat gerhana, tapi tanpa tele gerhana ini juga bisa diamati," kata dia.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.