Sukses

Bima Arya Canangkan Bogor sebagai Kota Ramah Lansia

Bima menilai, hidup adalah sebuah pengulangan, suatu saat anak akan menjadi orang tua.

Liputan6.com, Bogor - Pemerintah Kota Bogor, Jawa Barat canangkan diri sebagai Kota Ramah Lansia. Pencanangan itu ditandai dengan penandatanganan piagam di Lapangan Balitbio, Cimanggu, Sabtu 5 Agustus 2017.

Wali Kota Bogor, Bima Arya Sugiarto mengatakan, pemerintah kota berkomitmen untuk menjadikan Bogor sebagai kota yang ramah bagi segala usia baik untuk anak-anak, remaja, hingga lansia.

"Kenapa perlu mengeluarkan komitmen ramah lansia, untuk menghargai dan menghormati lansia," katanya sebagaimana dilansir Antara.

Bima menilai, hidup adalah sebuah pengulangan. Suatu saat, anak akan menjadi orang tua. Mereka yang kini menjadi orang tua muda, nanti pun ingin dirawat oleh anak-anaknya ketika usia senja.

Ditambahkannya, menjadi tua itu keniscayaan, tetapi menjadi orang tua yang bijaksana itu adalah pilihan. Walau berpendidikan tinggi di masa muda, masih perlu belajar bijaksana dari para orang tua.

"Seperti saya, walaupun pendidikan yang lumayan, masih perlu belajar bijaksana dari para orang tua yang pengalamannya lebih panjang," katanya.

Untuk mencanangkan Bogor Ramah Lansia, Bima berencana akan membangun taman lansia, Puskesmas ramah lansia, serta mengadakan kegiatan rutin seperti senam sehat yang melibatkan ratusan lansia. Taman Malabar, disebut-sebut sebagai lokasi yang akan dijadikan taman lansia dalam waktu dekat ini.

Sementara itu, pencanangan Bogor sebagai Kota Ramah Lansia disambut hangat oleh Ketua Lembaga Lansia Indonesia (LLI) Bogor, Aisyah Wan Ganie. Ia menyebutkan, pencanangan Bogor Ramah Lansia menjadi momentum untuk mengingatkan semua pihak tentang keberadaan lansia.

Ia menambahkan, peran lansia sangat besar, terutama di Kota Bogor, lansia berkontribusi di Pospindu sebagai kader yang secara ikhlas memberikan pendidikan keluarga, mewariskan perjuangan kompetisi dengan semangat 45, mencintai keluarga, masyarakat, dan NKRI.

"Mari sayangi orang tua, kehadiran Wali Kota dalam pencanangan Bogor Ramah Lansia sebagai simbol kedekatan dengan lansia. Mari membuat kebijakan pro bagi lansia," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.