Sukses

Awas Menggigil Saat Malam di Bandung

Suhu terendah di Bandung mencapai 16,8 derajat Celsius.

Liputan6.com, Bandung - Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung menyebut suhu di Kota Bandung pada malam hari akan terasa lebih dingin dibandingkan dengan periode musim hujan. Sebab, ada penurunan kelembaban udara pada musim kemarau ini.

"Berdasarkan data klimatologi, suhu di periode musim kemarau lebih dingin bila dibandingkan dengan periode musim hujan," ujar prakirawan BMKG Iid Mujtahidin saat dihubungi melalui pesan singkat, Selasa (1/8/2017), dilansir Antara.

Iid menjelaskan, suhu lebih dingin juga dipengaruhi embusan angin dingin dan kering dari Benua Australia yang kini tengah masuk musim dingin. Terlebih, pada musim kemarau arah angin bergerak dari timur ke tenggara.

Menurut dia, angin yang berembus dari Australia tersebut membuat suhu di wilayah Jawa Barat, khususnya Bandung Raya, akan terasa lebih dingin pada malam hari.

"Saat periode musik kemarau arah angin pada umumnya angin timur-tenggara membawa udara kering dari daratan Australia. Antara bulan JAS (Juli, Agustus, September) benua Australia mengalami musim dingin," ujarnya.

Iid menjelaskan, hal tersebut merupakan fenomena normal yang biasa terjadi saat periode musim kemarau. BMKG pun sempat mencatat titik terendah dapat mencapai 16,8 derajat Celsius.

"Berdasarkan data klimatologi selama 30 tahun, menunjukkan suhu pada periode musim kemarau lebih rendah bila dibandingkan pada periode musim hujan dengan suhu terendah terjadi di antara bulan Juli-Agustus," kata dia.

Sementara untuk puncak musim kemarau, BMKG memprediksi akan terjadi antara Juli hingga Agustus.
 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.