Sukses

'Panasnya' Pilkada Puncak Jaya Hanguskan Puluhan Rumah di Mulia

Pilkada di Puncak Jaya, Papua, diikuti oleh tiga pasangan calon.

Liputan6.com, Jayapura - Puluhan rumah ludes terbakar akibat aksi saling menyerang antar-pendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati di Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, pada Sabtu (29/7/2017) siang.

"Situasi di Kota Mulia sempat mencekam apalagi aparat keamanan sempat mengeluarkan tembakan peringatan untuk membubarkan massa," kata Firman, warga yang bermukim di Mulia, dilansir Antara.

Dia mengatakan, akibat pertikaian antarpendukung pasangan calon bupati dan wakil bupati, warga takut ke luar rumah. Meski begitu, ia belum bisa memastikan berapa banyak rumah yang dibakar. Dia mengatakan rumah-rumah yang dibakar sebagian besar berada di kota baru.

Sementara, Dandim Puncak Jaya Letkol Inf Hindratno mengakui ada insiden kebakaran rumah. Dia mengatakan, saat ini aparat keamanan sedang berupaya melerai kelompok-kelompok yang bertikai.

"Belum diketahui pasti berapa banyak rumah yang dibakar dan ada atau tidaknya korban jiwa dalam insiden itu," kata Dandim Puncak Jaya Letkol Inf Hindartno.

Pilkada di Puncak Jaya diikuti tiga pasangan calon, yakni pasangan Yustus Wonda-Kirenius Telenggen, Hanock Ibo-Rinus, dan Yuni Wonda-Deinas Geley.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.