Sukses

Pesan Tebusan Peretas Laman Resmi Pemkab Sukabumi

Sejak Senin, tampilan laman Pemkab Sukabumi sudah mulai aneh. Dua hari kemudian, pesan peretas muncul.

Liputan6.com, Sukabumi - Laman resmi milik Pemerintah Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, www.sukabumikab.go.id diretas hacker yang meminta sejumlah uang imbalan jika ingin kembali normal.

"Situs ini sudah aneh tampilan sejak Senin (24/7/2017) dan tidak bisa dibuka sejak Selasa (25/7/2017)," kata Seketaris Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo) Kabupaten Sukabumi Yudi Pancha Yoga, Rabu (26/7/2017), dilansir Antara.

Peretas laman resmi Pemkab Sukabumi itu meninggalkan pesan yang berbunyi, "Hi adm00n - i am comeback to your system. Contact me if you can be safe the system! - kodolande@gmail.com - Pay me and i can teach you close and fix the bug. Thank you adm00n. Pawned by: ./MR.T00ha - Thank you for: ./4chan ./hmei7 ./vezka ./Albert ./Snowden ./mr.R0b0t ./fsociety."

Dia mengatakan pihaknya saat ini masih mencoba untuk memperbaiki dan mengembalikan kondisi laman agar bisa berfungsi serta digunakan untuk kepentingan sosialisasi kegiatan dan kebijakan pemerintah setempat.

Ia tidak akan mengabulkan permintaan peretas yang meminta tebusan uang jika ingin menormalkan kembali website tersebut. Ia juga menyatakan tidak ada data yang hilang di laman tersebut meski hingga kini belum kembali berfungsi.

Yudi mengakui keterbatasan tenaga ahli untuk menjaga dan mengamankan laman resmi milik Pemkab Sukabumi dari peretas nakal menjadi salah satu kendala.

"Kami memang memiliki beberapa sarjana komputer dan informasi teknologi, tapi jumlahnya masih kurang. Diharapkan situs ini bisa kembali sediakala secepatnya," katanya.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.