Banjir Rendam 5 Kabupaten di Kalteng, Tim Medis Diterjunkan

Oleh Rajana K pada 17 Jul 2017, 16:03 WIB
Banjir Kalimantan Tengah

Liputan6.com, Palangka Raya - Banjir akibat tingginya curah hujan yang menimbulkan luapan sejumlah daerah aliran sungai (DAS) di Kalimantan Tengah (Kalteng), saat ini sudah menggenangi lima kabupaten. Ketinggian air atau banjir mencapai satu hingga dua meter.

Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana dan Pemadam Kebakaran (BPBPK) Kalteng pada Minggu, 16 Juli 2017, lima kabupaten yang dilanda banjir, yaitu Gunungmas, Katingan, Barito Utara, Murung Raya, dan Kapuas. Kendati banjir semakin meluas, hingga saat ini belum ada laporan mengenai korban jiwa.

"Sebagai langkah antisipasi, Pemerintah Provinsi Kalteng mengirimkan sejumlah tenaga medis untuk membantu para korban," ucap Kepala BPBPK Kalteng, Syahril Tarigan di Palangka Raya, Senin (17/7/2017).

Ia menjelaskan, sejak Sabtu, 15 Juli 2017, tim medis dari BPBPK Kalteng sudah turun ke kabupaten yang terendam banjir untuk membantu tim medis kabupaten.

"Kita sudah memberikan bantuan obat-obatan, termasuk tenaga medis untuk membantu tim medis di kabupaten. Kami terus melakukan pendataan berapa pengungsi dan berada jumlah rumah dan sarana prasarana yang terendam," ujar dia.

Ia berharap, bencana banjir ini tak menimbulkan korban jiwa. Adapun meluasnya banjir di Kalteng, disebabkan tingginya curah hujan dan biasanya banjir yang melanda bagian hulu akan turun ke bagian hilir.

"Jadi walaupun saat ini banjir di bagian hulu Kalteng masih menggenang, namun air sungainya juga turun ke bagian hilir, sehingga bagian hilir Kalteng juga ikut terendam dengan ketinggian air masih sama seperti hari kemarin antara 1-1,5 meter," tutur Syahril.

Merujuk data BPBD Kalteng, untuk Kabupaten Katingan banjir akibat luapan Sungai Katingan ini setidaknya membuat empat kecamatan terendam banjir. Keempat kecamatan itu adalah Marikit, Sanaman Mantikei, Kamipang Tengah, dan Pulau Malan.

Kemudian di Kabupaten Gunungmas, ada empat kecamatan yang terendam banjir, yaitu Kahayan Utara, Damang Batu, Tewah, dan Kurun. Sementara di Kabupaten Barito Utara, banjir akibat luapan Sungai Barito mengakibatkan satu kecamatan terendam air, yakni Kecamatan Lahai.

Sedangkan untuk Kabupaten Kapuas, luapan Sungai Kapuas mengakibatkan banjir di Kecamatan Mandau Telawang dan di Puruk Cahu, Kabupaten Murung Raya.

Saksikan video menarik di bawah ini: