Sukses

5 Kuliner Unggulan Tegal Siap Bersaing di Taman Mini

Jenis dan nama kuliner Tegal punya ciri khas yang membuat penasaran.

Liputan6.com, Tegal - Kuliner Tegal, Jawa Tengah (Jateng), memiliki ragam dan cita rasa yang berbeda-beda. Bahkan, jenis dan namanya pun memiliki ciri khas yang membuat penasaran.

Kuliner Tegal yang diciptakan mampu bersaing di dunia kuliner Nusantara. Sebut saja warung Tegal alias warteg. Aneka masakan yang beragam membuat Tegal terkenal dengan wartegnya.

Hal itu membuktikan bahwa warga Tegal adalah pencipta masakan-masakan yang menggugah selera. Warga Tegal mampu menghasilkan kuliner yang disenangi banyak orang.

Kehebatan warga Tegal dalam bidang kuliner akan diuji dengan kuliner kabupaten atau kota se-Jateng pada 22-23 Juli 2017 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta Timur, tepatnya di Anjungan Jawa Tengah.

Tak tanggung-tanggung, perwakilan dari Kota Tegal adalah mereka yang menjuarai lomba memasak antar kelurahan dan instansi pada saat peluncuran Tegal Kota Kuliner. Para jawara masak itu berasal dari Kelurahan Mintaragen dan Hotel Primebizt, Tegal.

Dengan mengusung tema "Cemara Pesisir Pantai", mereka akan mengajukan lima jenis kuliner Tegal.

Kepala Seksi Pengembangan Produk Dinas Pemuda dan Olahraga dan Pariwisata Kota Tegal, Sudibyo mengatakan, pihaknya bersama penggerak kuliner Kota Tegal mempersiapkan diri untuk ajang tersebut.

"Kami berusaha semaksimal mungkin memberikan yang terbaik. Kami melakukan persiapan kuliner yang akan dilombakan," ucap Sudibyo, beberapa hari lalu.

Ia menambahkan, ada lima jenis kuliner Tegal yang akan dihadirkan, yakni Rujak Teplak, Tumis Kepriben, Es Enyonge, Pepes Laka-laka, dan Sega Mardiyah.

"Bahan dalam kuliner tersebut adalah bahan jagung. Setiap menunya harus ada jagungnya, termasuk sega (nasi) menggunakan jagung yang nantinya dapat disajikan di hotel berbintang," dia memungkasi.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.