Sukses

Hotel Nihiwatu Terbaik di Dunia, Turis ke Sumba Melonjak

Kunjungan turis ke Sumba meningkat usai Hotel Nihiwatu ditetapkan menjadi hotel terbaik.

Liputan6.com, Sumba - Kunjungan wisatawan ke Sumba Barat di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur, terus meningkat dalam satu bulan terakhir setelah Hotel Nihiwatu ditetapkan menjadi hotel terbaik dunia pada 2016 lalu. Kini hotel itu menggunakan brand Nihi Sumba Island. 

"Kunjungan wisatawan ke Sumba Barat sendiri dalam beberapa bulan terakhir ini meningkat sangat drastis setelah Hotel Nihiwatu mendapatkan penghargaan sebagai hotel terbaik nomor satu di dunia," kata Bupati Sumba Barat Agustinus N. Dapawole di Waikabubak, kepada Liputan6.com, Rabu 11 Juli 2017.

Ia menyebutkan, sebelumnya jumlah wisatawan yang datang baik domestik maupun internasional ke Sumba khususnya Sumba Barat hanya mencapai 50 wisatawan. Sampai dengan akhir Juni lalu, kurang lebih 300 wisatawan mendatangi Nihiwatu.

Saat ini Nihiwatu menjadi brand baru bagi Pulau Sumba selain tradisi Pasola dan sejumlah kampung-kampung adat di Pulau Sumba yang terkenal populer dan mendunia itu.

"Tahun ini Nihiwatu kembali mendapatkan penghargaan menjadi hotel terbaik di dunia. Ini tentu saja akan menarik banyak wisatawan ke Sumba. Sebab, saat ini setiap hari selalu ada wisatawan yang datang ke Pulau Sumba, khususnya ke Waikabubak dan selanjutnya ke Nihiwatu," tambahnya.

Menurut dia, Sumba layak menjadi destinasi wisata baru baik secara nasional maupun internasional. "Menurut saya, Bali sudah menjadi adalah masa lalu, Labuan Bajo adalah masa kini, dan Sumba Barat adalah masa depan," kata Dapawole.

Ia mengatakan, banyak potensi wisata di Sumba yang akan terus dikembangkan. Festival tenun ikat dan Parade Kuda Sandelwood adalah satu dari sekian banyak potensi wisata yang dapat meningkatkan kunjungan wisatawan ke Sumba.

Bupati Dapawole menjelaskan, Festival Sandalwood dan Tenun Ikat ini memiliki arti penting dan bermakna strategis dalam upaya menjaga, melestarikan, dan sekaligus mempromosikan budaya Sumba pada level nasional maupun internasional.

Ia pun mengajak wisatawan khususnya wisatawan domestik untuk datang dan berkunjung serta menginap di hotel-hotel Sumba Barat dan mengunjungi sejumlah destinasi wisata di daerah itu.

 

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.