Sukses

Mampir ke Pontianak, Apa Saja Pujian Dubes AS?

Rombongan Dubes AS diterima secara resmi oleh Wali Kota Pontianak, Sutarmidji di ruang tamu Kantor Wali Kota.

Liputan6.com, Pontianak - Duta Besar (Dubes) Amerika Serikat (AS) untuk Indonesia, Joseph R Donovan terkesan dengan Ruang Pontive Center yang dimiliki Pemerintah Kota (Pemkot) Pontianak, saat berkunjung ke ibu kota Provinsi Kalimantan Barat, Rabu, 12 Juli 2017. Kunjungan itu merupakan rangkaian agenda Dubes AS selama berada di Kota Pontianak.

Rombongan Dubes AS pun diterima secara resmi oleh Wali Kota Pontianak, Sutarmidji di ruang tamu Kantor Wali Kota. "Saya sangat terkesan sekali dengan Command Center atau Pontive Center yang dimiliki Pemerintah Kota Pontianak," kata Joseph R Donovan, yang diterjemahkan oleh staf Kedutaan Besar AS yang mendampinginya.

Donovan menjelaskan, saat menggelar pertemuan dengan Wali Kota Pontianak, ia mendapatkan penjelasan bagaimana tantangan yang dihadapi Sutarmidji dalam mengelola sebuah kota yang dipimpinnya. Wali Kota juga memaparkan rencana-rencana pembangunan Pontianak ke depannya.

"Saya sangat memuji atas kerja keras beliau dalam membangun dan memajukan Kota Pontianak," kata Donovan.

Sutarmidji menyatakan, kunjungan Dubes AS ke Pemkot Pontianak ini untuk mendapatkan informasi terkait perkembangan kota tersebut. Dalam pertemuan singkat selama lebih kurang satu jam itu, ia menjelaskan bahwa Pontianak adalah kota dengan standar pelayanan publik terbaik seluruh Indonesia selama dua tahun berturut-turut.

"Mereka juga menanyakan tentang perizinan, saya sampaikan di Pontianak perizinan yang tercepat seluruh Indonesia," kata Sutarmidji, keterangan tertulis yang diterima, Rabu, 12 Juli 2017.

Sutarmidji menambahkan, Dubes AS juga mengapresiasi beberapa hal berkaitan dengan kemajuan teknologi informasi (TI) yang diterapkan Pemkot Pontianak.

Dubes AS untuk Indonesia, Joseph R Donovan berkunjung ke Kantor Wali Kota Pontianak. (Foto: Pemkot Pontianak/Liputan6.com/Raden AMP)

Bahkan, saat ditanya apakah ada layanan masyarakat yang menggunakan aplikasi, di mana aplikasi itu bisa langsung merespons keluhan masyarakat, orang nomor satu di Kota Pontianak ini mengatakan bahwa pihaknya sudah memiliki aplikasi tersebut dan sudah berjalan lebih dari setahun lalu.

"Pemanfaatan TI di Pontianak sudah lebih dulu menggunakannya, seperti pemantauan harga, perizinan online dan lainnya," ujar Sutarmidji.

Terkait peluang apa saja yang bisa dijajaki, sang wali kota menyebut bahwa Pontianak ini merupakan kota jasa dan perdagangan. Karena itu, pihaknya membuka pintu bagi siapa pun yang berminat untuk berinvestasi di bidang jasa dan perdagangan.

"Kita akan berikan kemudahan-kemudahan bagi mereka yang ingin berinvestasi di sini," tutur dia.

Wali Kota Pontianak berharap pula kepada Dubes AS, keberadaan American Corner milik AS tidak hanya di Universitas Tanjungpura. Namun juga ditempatkan di taman-taman supaya masyarakat tahu lebih banyak dan bisa mencari informasi untuk kemajuan mereka di American Corner.

Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.