Sukses

Cuma Ada 1 Bank Darah, Ini Cara PMI Kalteng Simpan Kantong Darah

PMI Kalteng hanya memiliki satu unit Bank Darah yang cuma bisa menampung 500 kantong darah.

Liputan6.com, Palangka Raya - Hingga saat Palang Merah Indonesia (PMI) Kalimantan Tengah hanya memiliki satu unit tempat penyimpanan darah atau yang dikenal dengan istilah bank darah (blood bank). Kapasitasnya 500 kantong berisi darah segar.

Padahal untuk memenuhi kebutuhan darah di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) DR Dorrys Sylvanus Palangkaraya dalam satu bulan saja minimal dibutuhkan sekitar 600 kantong darah.

Akibatnya untuk menyimpan sementara ratusan kantong darah yang mereka miliki, PMI Kalteng harus mengirim ke PMI di sejumlah kabupaten. Kondisi ini tentu saja tidak menguntungkan mengingat jauhnya jarak antara satu kabupaten dengan kabupaten lainnya.

Adanya kekurangan tempat penyimpanan kantong darah ini diungkapkan , Wakil Ketua PMI Kalteng Alif Abdullah saat acara donor darah yang diikuti sekitar 1500 peserta di Istana Iseng Mulang Palangka Raya, Rabu, 5 Juli 2017.

Acara donor darah yang diikuti oleh ribuan peserta baik pelajar, mahasiswa, ormas dan TNI/Polri ini dilakukan dalam rangkaian HUT Gubernur Kalteng Sugianto Sabran.

"Kita selama ini hanya punya satu unit bank darah yang kapasitasnya hanya 500 kantong berisi darah. Padahal kebutuhan per bulannya lebih dari itu," ujarnya.

Karena itu bila PMI Kalteng mengadakan kegiatan donor yang jumlah pesertanya mencapai ratusan orang seperti saat ini, maka hasil donor darah itu harus dikirim ke sejumlah kabupaten untuk disimpan sementara.

"Kalau disimpan tempat kita jelas tak cukup karena tempatnya kecil dan kalau tidak segera disimpan darah akan rusak," ujarnya.

Karena itu ia berharap agar Pemprov Kalteng bisa membantu untuk melakukan penambahan tempat penyimpanan daerah bagi kebutuhan PMI Kalteng.

Terpisah, Gubernur Kalteng Sugianto Sabran berjanji akan memenuhi tambahan permintaan tempat penyimpanan darah seperti yang dikeluhkan oleh PMI Kalteng.

"Nanti dananya bisa kita ambilkan dari dana hibah atau nanti kita minta bantuan sejumlah perusahaan yang ada di Kalteng ini untuk membeli  tempat penyimpanan darah untuk kebutuhan PMI Kalteng," ujarnya.

Untuk diketahui acara donor darah dalam rangka ulang tahun Gubernur Kalteng ini ditargetkan diikuti oleh 1500 peserta dan berlangsung sehari penuh. Ribuan pendonor ini nantinya akan dilayani oleh 15 petugas terlatih yang disiapkan oleh PMI Kalteng.

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.