Sukses

Ekstrak Biji Kopi Merapi Bisa untuk Sembuhkan Luka Diabetes

Roco Gel hasil ekstrak biji kopi Merapi ini bisa dijadikan alternatif pengobatan luka pada penderita diabetes.

Liputan6.com, Yogyakarta - Selain enak diseduh, biji kopi Merapi ternyata juga memiliki manfaat lain. Sekelompok mahasiswa Fakultas Kedokteran Hewan dan Fakultas Farmasi Universitas Gajah Mada (UGM) membuktikannya lewat produk obat yang diberi nama Roco Gel.

Diana Octavirena Antaresty, Fakhri Husain, Maulana Supama Putra, Siti Hartinah, dan Giovani Oka Putra Caesar otak di balik layar produk Roco Gel ini. Mereka mengembangkan gel berbahan dasar kopi Merapi untuk mengobati luka diabetes yang terinfeksi bakteri.

"Luka yang dialami pengidap diabetes akan semakin parah dan susah sembuh apabila terinfeksi bakteri patogen seperti Methicillin-resistant Staphylococcus aureus (MRSA)," ujar Diana, ketua tim peneliti, beberapa waktu lalu.

Sementara, kandungan zat aktif pada kopi robusta, yaitu kafeina dan chlorogenic acid memiliki potensi sebagai zat antibakteri yang kandungannya mampu mempercepat proses penyembuhan luka pada penderita diabetes yang terinfeksi MRSA.

Ia menuturkan cara pembuatan Roco Gel, yakni biji kopi yang telah matang disangrai hingga kering kemudian digiling. Selanjutnya, hasil gilingan biji kopi diekstrak dan dibuat dalam sediaan berbentuk gel berbasis gel CMC-Na dengan konsentrasi ekstrak kopi robusta sebanyak 15 persen.

Roco Gel hasil ekstrak biji kopi Merapi ini bisa dijadikan alternatif pengobatan luka pada penderita diabetes. (Liputan6.com/Switzy Sabandar).

Roco Gel diujicobakan pada luka biopsy tikus wistar yang telah diinduksi diabetes tipe 2. Sebelumnya luka tersebut juga telah diinfeksikan bakteri MRSA.

Gel dioleskan ke luka sebanyak dua kali, pagi dan sore, selama 14 hari berturut-turut. Hasilnya, luka diabetes yang diolesi Roco Gel menunjukkan kesembuhan yang lebih baik ketimbang gel luka lainnya yang dijual di pasaran.

"Roco Gel ini bisa dijadikan alternatif pengobatan luka pada penderita diabetes," ucap Diana.


Saksikan video menarik di bawah ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.