Sukses

Antrean Salaman Staf Pemkab Purwakarta Mengular Sampai ke Jalan

Staf Pemkab Purwakarta yang membolos pada hari pertama masuk kerja setelah Lebaran bakal dikenai potongan tunjangan Rp 500 ribu.

Liputan6.com, Purwakarta - Suasana hari pertama masuk kerja setelah cuti bersama libur Idul Fitri, Senin (3/7/2017), dimanfaatkan oleh Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi untuk berhalalbihalal dengan cara mendatangi dan menyalami satu per satu para pegawai sambil bermaafan.

Para pegawai di lingkungan Pemerintah Kabupaten Purwakarta mulai berkumpul pada pukul 06.30 WIB di Gerbang Timur Taman Maya Datar Purwakarta, Jalan Gandanegara No 25. Mereka berjajar rapi hingga mengular sampai perempatan Jalan RE Martadinata.

Tradisi halalbihalal yang pertama kali dicetuskan oleh salah satu pendiri Nahdlatul Ulama, Kiai Wahab Chasbullah itu memang selalu dilaksanakan dengan cara berbeda di Purwakarta.

Biasanya, para pegawai yang datang untuk bersalaman dengan pejabat. Namun di Purwakarta, sejak beberapa tahun terakhir, halalbihalal dilaksanakan dengan cara sebaliknya. Efisiensi waktu agar para pegawai langsung menuju meja kerja masing-masing di kantornya menjadi alasan salaman gaya itu.

"Setiap tahun selalu begini, kami tidak biasa melakukan resepsi khusus, pejabat berdiri menunggu dihampiri oleh para pegawai, itu memakan waktu," katanya.

Acara halalbihalal yang diakhiri dengan sarapan bersama yang menyajikan menu khas Sunda di Taman Pesanggrahan Padjadjaran itu berakhir tepat pukul 07.30 WIB. Sehingga, para pegawai dapat langsung menjalankan tugas pokok dan fungsinya sehari-hari sebagaimana biasa.

"Jam 06.30 WIB sudah siap, sampai jam 07.00 WIB. Jadi, jam 07.30 WIB sudah siap di kantor masing-masing. Ini kami lakukan agar tidak mengganggu jam pelayanan kepada masyarakat. Habis liburan kan biasanya banyak pekerjaan," katanya menambahkan.

Sanksi tegas diberikan oleh Pemkab Purwakarta bagi pegawai yang bolos kerja pada hari pertama masuk kerja ini. Potongan tunjangan sebesar Rp 500 ribu menjadi ganjaran bagi mereka, bulan depan.

"Tunjangannya kita potong Rp 500 ribu kalau hari ini tidak masuk. Kecuali, mereka yang mengambil cuti karena selama libur kemarin harus bertugas di lapangan," ungkapnya.

Canda tawa penuh keakraban mewarnai halalbihalal yang turut dihadiri oleh Wakil Bupati Dadan Koswara dan Sekretaris Daerah Padil Karsoma tersebut. Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi tampak melempar canda kepada beberapa pegawai yang ia salami.

 

Saksikan Video Menarik di Bawah Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.