Sukses

Sultan HB X Tunggu Jadwal Obama di Yogyakarta

Sultan Yogya masih menunggu rapat koordinasi di Jakarta, terkait rencana kunjungan mantan Presiden AS Barack Obama ke beberapa daerah.

Liputan6.com, Yogyakarta - Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama akan berkunjung ke Indonesia pada awal Juli mendatang. Kedatangan mantan penguasa Gedung Putih itu sedianya untuk menjadi pembicara dalam konvensi diaspora. Obama juga direncanakan datang ke beberapa daerah, di antaranya Yogyakarta.

Kendati demikian, Gubernur Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan, ia belum mengetahui rencana dan kegiatan Presiden ke-44 Amerika Serikat tersebut di Kota Gudeg.

Sultan Yogya masih menunggu rapat koordinasi di Jakarta. Menurut dia, kedatangan Barack Obama masih dalam pembahasan di pemerintah pusat. Ia menunggu hasil rapat tersebut.

"Rapat koordinasinya di Setneg (Sekretariat Negara)," ucap Sri Sultan HB X di Kompleks Kepatihan, Yogyakarta, Selasa (20/6/2017).

Penguasa Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat itu juga belum mengetahui kegiatan dan agenda wisata Obama selama di Yogya. Termasuk, apakah Obama akan mengunjungi Keraton Yogya atau tidak.

"Baru rapat hari ini di Jakarta. Enggak tahu (kegiatan dan agenda Obama di Yogya), kan baru rapat hari ini," ujar dia.

Sultan HB X akan menunggu hasil rapat di Setneg terkait kedatangan Obama.

Namun, sejauh ini, belum ada kepastian Obama akan bertemu dengan Sultan HB X pada 28 Juni atau tanggal sesudahnya. Sebab, Sultan juga memiliki jadwal keluar kota pada 29 Juni hingga 2 Juli 2017.

Sebelumnya, Kabid Humas Pemda DIY Amiarsi Harwani mengatakan, pihaknya belum mendapatkan jadwal pasti kedatangan Obama di Kota Gudeg itu. Terutama, bertemu Sri Sultan HB X sebagai Gubernur DIY sekaligus Raja Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat.

"Jadwalnya (Obama) kan 28-30 Juni 2017, tapi Sultan sendiri juga ada jadwal ke Tondano 29 Juni sampai 2 Juli 2017," ujar Amiarsi di Yogyakarta, Senin 19 Juni 2017.

Adapun Barack Obama bersama keluarga akan berlibur ke Bali. Obama rencananya akan menghabiskan waktu di Pulau Dewata pada 23-28 Juni 2017 mendatang, sebelum bertolak ke Yogyakarta dan Jakarta.

Kabid Humas Polda Bali, AKBP Hengky Widjaja mengaku telah menerima informasi mengenai rencana kunjungan Barack Obama beserta keluarga. Hanya, ia belum mendapat informasi resmi mengenai kunjungan mantan orang nomor satu di Negeri Paman Sam tersebut.

"Ya benar, tapi itu baru info, belum ada pemberitahuan resminya," kata Hengky saat dihubungi, Jumat, 16 Juni 2017.


Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.