Sukses

Satgas Hang Tuah Siap Hajar Bandit Jalanan di Pekanbaru

Polisi membentuk tim khusus Satgas Hang Tuah untuk menjamin keamanan di Pekanbaru. Mereka jago menembak dan bela diri.

Liputan6.com, Pekanbaru - Untuk menciptakan rasa aman bagi masyarakat Kota Pekanbaru dalam menyambut Hari Raya Idul Fitri serta kenyamanan pemudik, Polresta Pekanbaru membentuk tim ‎antibandit jalanan yang diberi nama Satgas Hang Tuah.

Menurut Wakil Kepala Polresta Pekanbaru AKBP Edy Sumardy Priadinata SIK, tim ini terdiri atas berbagai satuan yang memiliki keahlian khusus. Tim ini dibagi menjadi dua dan selalu berpatroli, baik di pusat keramaian, pusat kota, sudut kota, hingga jalanan yang rawan tindak pidana.

"Selain itu, tim ini juga dilengkapi petugas bersenjata laras panjang yang memiliki spesifikasi sebagai penembak jitu. Kemudian ada juga ahli bela diri jika terduga pelaku kejahatan melakukan perlawanan," ujar mantan Kapolres Kampar ini di Pekanbaru, Sabtu malam, 17 Juni 2017.

Dia menyebutkan, tim antibandit ini diketuai Kasat Sabhara Polresta Pekanbaru Kompol Lilik. Tim ini juga dilengkapi dengan seragam khusus serta menggunakan helm taktis dan rompi antipeluru. Tujuannya agar tidak terjadi hal yang tidak diinginkan terhadap anggota di lapangan.

"Jadi kita persiapkan keamanan lengkap mulai dari senjata dan pengamanan diri," ucap Edy.

Menurut Edy, tim mulai berpatroli pada Sabtu lalu. Anggota berpatroli menggunakan sepeda motor dan mobil dinas Sabhara. Ada pula yang berjalan kaki menyusuri pusat keramaian sambil mengamati aktivitas jual beli dan memantau situasi Kamtibmas.

"Tim ini juga memeriksa identitas dan pemeriksaan badan terhadap orang-orang yang dicurigai sebagai pelaku tindak pidana. Selain itu, juga dilakukan dialog dengan para pedagang, pembeli, dan juru parkir sambil menyampaikan pesan-pesan keamanan dan ketertiban masyarakat," kata Edy.

Edy menegaskan, ‎Polresta Pekanbaru konsisten dan siap setiap saat memberikan keamanan dan kenyamanan kepada masyarakat dalam beraktivitas sehari-hari, terutama selama Ramadan dan ‎menyambut Hari Raya Idul Fitri.

"Tim Satgas Hang Tuah senantiasa siaga dan terjun langsung ke lapangan mencegah kejahatan jalanan serta menangkap premanisme dan kriminalitas lainnya. Puasa kami jadikan semangat untuk bekerja lebih giat dalam layani masyarakat," kata Edy menandaskan.

 

Saksikan Video Menarik Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.