Sukses

Proyeksi Pemudik Naik Kereta ke Malang

Tiket kereta api tambahan lebaran ludes terjual dan kereta api mudik gratis juga ramai diminati pemudik

Liputan6.com, Malang - Tiket kereta api rute jarak jauh di Stasiun Kota Baru Malang, Jawa Timur, untuk H-7 sampai H+7 lebaran 2017 hampir habis terjual. Kereta mudik gratis juga sudah banyak dipesan oleh warga yang berminat mudik menggunakan moda transportasi tersebut.

Kepala Stasiun Kota Baru Malang, Suprapto mengatakan, dua kereta api tambahan lebaran rute Malang – Jakarta yakni KA Matarmaja jadwal 16 Juni – 6 Juli dan KA Gajayana jadwal 15 Juni – 4 Juli termasuk yang sudah habis tiketnya.

"Kami perkirakan ada kenaikan jumlah penumpang di lebaran tahun ini dibanding tahun lalu," kata Suprapto di Malang, Rabu (7/6/2017).

Selain dua kereta tambahan lebaran itu, masih ada kereta api reguler tujuan Malang – Jakarta di Stasiun Kota Baru Malang. Antara lain KA Matarmaja, KA Gajayana, KA Jayabaya dan KA Majapahit. Serta KA Malabar rute Malang – Bandung dan KA Malioboro Malang – Jogjakarta.

Suprapto menambahkan, puncak arus mudik diperkirakan pada H-2 sedangkan puncak arus balik diprediksi pada H-7 lebaran. Saat itu, volume penumpang bisa sampai 6 ribu orang per hari. Angka itu jauh meningkat dibanding volume penumpang saat lebaran tahun lalu.

“Ada petugas keamanan dari TNI dan Polri yang berjaga di stasiun. Itu belum petugas yang biasanya berjaga di tiap kereta,” ujar Suprapto.

Di Stasiun Kota Baru Malang ada tiga kereta api mudik gratis yakni KA Tawangalun rute Malang – Banyuwangi pada 20 – 24 Juni, KA Penataran rute Daha – Blitar – Malang – Surabaya pada 23 – 24 Juni dan KA Tumapel Malang – Surabaya pada 20 – 24 Juni.

“Khusus untuk kereta mudik gratis ini yang sudah habis dipesan adalah KA Tawangalun,” ucap Suprapto.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.