Sukses

Tempat Favorit Orang-Orang Beristirahat Saat Puasa

Banyak orang yang beristirahat di sini saat menjalani puasa Ramadan.

Liputan6.com, Gorontalo - Selama Ramadan, seringkali fungsi masjid tidak sebatas digunakan untuk beribadah saja, namun juga sebagai tempat istirahat oleh masyarakat yang berpuasa.

Pemandangan seperti ini yang terjadi di dalam Masjid Agung Baiturahim Kota Gorontalo. Banyak masyarakat yang beristirahat setelah mereka melaksanakan Salat Zuhur.

Pantauan Liputan6.com, Senin 29 Mei 2017 memasuki hari ketiga Ramadan. Tak heran banyak warga yang memilih beristirahat di masjid. Apalagi bagi mereka yang beraktivitas di luar ruangan seperti di pasar, jalanan, dan lainnya, beristirahat di masjid tentu menjadi pilihan terbaik.

Jika biasanya suasana masjid langsung lengang selepas salat Zuhur, berbeda dengan bulan Ramadan ini yang tetap ramai oleh jamaah. Mereka beristirahat sejenak sebelum kembali ke untuk beraktivitas. Ada yang sambil baca Alquran, ada yang tidur, dan ada bersenda gurau bersama teman sambil bermain gawai. 

Menurut Canwar Abdullah(24), salah seorang warga Kota Gorontalo, dirinya sering memanfaatkan ruangan besar Masjid Agung Baiturahim untuk beristirahat. Dia memilih istirahat di sini karena suasana di tempat tersebut sangat nyaman dan sejuk di siang hari. Banyak orang yang beristirahat di masjid saat menjalani puasa Ramadan.

Banyak orang yang beristirahat di masjid saat menjalani puasa Ramadan. (Liputan6.com/Aldiansyah Mochammad Fachrurrozy).

"Di saat bulan puasa seperti ini, memang paling enak beristirahat di Masjid. Ketika selesai Salat Dzuhur, saya bisa tidur-tiduran sambil menunggu masuknya waktu Salat Ashar," tutur Canwar.

Sementara itu, jamaah lainnya menjelaskan di bulan Ramadan yang penuh berkah dan limpahan rahmat ini, ia selalu memanfaatkan waktu untuk melakukan dan memperbanyak amal ibadahnya. Salah satunya dengan mengaji.

"Karena saya ingin benar-benar memanfaatkan Bulan Ramadan ini dengan beribadah, makanya sambil menghabiskan waktu istirahat saya isi dengan mengaji. Setelah selesai mengaji, barulah saya kembali melakukan aktifitas saya seperti biasanya," kata seorang jamaah. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini