Sukses

Jatim Pastikan Stok Bahan Pokok Aman Selama Ramadan

Selama Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri perlu distabilkan harga kebutuhan pokok.

Liputan6.com, Surabaya - Gubernur Jawa Timur Soekarwo memastikan stok kebutuhan bahan makanan selama Ramadan aman. Bahkan kapasitas stok beras aman hingga satu tahun mendatang.

"Di Jatim, Insya Allah aman hingga Lebaran. Masyarakat tidak perlu khawatir untuk kebutuhan pangan di bulan Ramadan," ucap Gubernur yang karib disapa Pakde Karwo saat konferensi pers di Gudang Perum Bulog Divre Surabaya Utara Buduran, Sidoarjo Jawa Timur, Jumat 26 Mei 2017.

Pemerintah sudah melakukan berbagai upaya untuk menekan lonjakan harga kebutuhan pokok yang semakin meningkat menjelang Ramadan dan Lebaran, baik melalui Rumah Pangan Kita (RPK), Gerakan Stabilisasi Pangan (GSP), dan lain-lain.

"Harga pun juga kami grojok, sehingga harga kebutuhan pokok saat ini masih relatif stabil," katanya.

Dia menjelaskan, semua yang menyangkut kebutuhan makanan pokok sangat mendasar, maka pemerintah pusat menjelang Ramadan hingga Hari Raya Idul Fitri perlu menstabilkan harga kebutuhan pokok.

"Kalau biasanya jelang Ramadhan itu mahal, justru sekarang sudah mulai normal lagi," ujarnya.

Saat ini, data di Dinas Pertanian, Bulog Jatim dan PTPN/PG, jumlah persediaan (stock) beras mencapai 1.030.199 ton, sedangkan persediaan Gula mencapai 218.886 ton.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini