Sukses

3 Tahun Wali Kota Makassar, Apa yang Sudah Dicapai?

Banyak hal yang telah dicapai Pemkot Makassar dalam tiga tahun terakhir, namun hal itu belum sempurna.

Liputan6.com, Makassar - Makassar City Expo (MC Expo) 2017 secara resmi dibuka oleh Dirjen Aplikasi Telematika (Aptika) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo), Samuel Abrijani Pangerapan. Samuel didampingi Wali Kota Makassar Moh. Ramdhan 'Danny' Pomanto saat pembukaan MC EXPO di Pantai Losari, Senin 22 Mei 2017.

Kegiatan ini menjadi rangkaian peringatan tiga tahun kepemimpinan Moh. Ramdhan Pomanto dan Syamsu Rizal dalam menjabat sebagai Wali Kota dan Wakil Wali Kota Makassar.

Danny Pomanto, sapaan akrab Wali Kota Makassar menyampaikan, pelaksanaan MC Expo 2017 ini merupakan refleksi atas pencapaian dan bentuk pertanggungjawaban pemerintahan Makassar kepada masyarakat. Terutama di bawah duet kepemimpinan Daany Pomanto-Syamsu atau DIA.

Danny Pomanto mengatakan, banyak hal yang telah dicapai pemerintahannya, namun hal itu belum sempurna karena masih banyak persoalan yang harus dibenahi ke depan.

"Walaupun kami belum sempurna dalam bekerja, tapi kami menjamin bahwa semua program, visi, dan misi yang kami sampaikan saat pelantikan 2014 lalu akan kami selesaikan dan rampungkan hingga akhir masa jabatan kami," ujar Danny.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) mengungkap beberapa kemajuan penting Kota Daeng di bawah nakhoda Danny Pomanto-Syamsu. "Yang terpenting adalah pertumbuhan ekonomi Makassar pada saat pertama kami berdua dilantik posisi GDP Growth 7,11 persen dan hari ini kita masuk pada 8 persen," ujar dia.

Dari sisi pendapatan, saat pertama pasangan ini dilantik pendapatan masyarakat Makassar sekitar Rp 70 juta per tahun. Namun saat ini, berdasarkan data BPS tahun 2016 tercatat pendapatan meningkat hingga sekitar Rp 86 juta atau $.6,800 per tahun.

Indek Pembangunan Manusi (IPM) yang dulunya hanya 75, saat ini telah meningkat ke angka 80,53 dan nilai ini termasuk tertinggi di Indonesia. Begitu halnya pada tingkat kebahagiaan warga Makassar, Alhamdulillah juga tertinggi di Indonesia.

"Indek kebahagiaan Indonesia sekitar 69 persen, kota-kota maju lainnya sekitar 70 persen, Makassar tembus di angka 75, 21 persen," ujar Danny Pomanto.

Dengan capaian itu, bukan berarti Danny Pomanto-Syamsu berhenti sampai di situ saja. Keduanya akan terus bekerja memenuhi janji-janji kepada masyarakat, salah satunya membentuk pemerintahan yang transparan.

"Karenanya setiap tahun kita mengadakan pertanggungjawaban visual seperti ini, apa- apa inovasi yang sudah jalan, apa- apa uang negara yang sudah kita pakai," ujar Danny Pomanto.

Adapun dalam acara ini hadir sebagai tamu dari petinggi berbagai negara di antaranya Konjen Australia, Konjen Jepang, Konsulat Kehormatan Swiss, Konsulat Kehormatan Jerman, Kedubes Inggris, dan perwakilan Taiwan. Selain itu Kasdam, Wakapolda, dan mantan Wali Kota Makassar Malik B Masri juga turut hadir dalam MC EXPO ini.


* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini