Sukses

Target Pengunjung Festival Bunga Tomohon 166 Ribu Orang

Festival Bunga Tomohon untuk meneguhkan citra Tomohon sebagai Kota Bunga.

Liputan6.com, Tomohon - Pemerintah Kota Tomohon Sulawesi Utara bakal kembali menggelar Festival Bunga Internasional (Tomohon Internasional Flower Festival/TIFF), Agustus mendatang. Agenda tahunan yang sudah dihelat sejak beberapa tahun lalu ini menargetkan bakal dihadiri tak kurang dari 166 ribu wisatawan dalam dan luar negeri.

Festival Bunga Tomohon ini sudah diluncurkan di Gedung Sapta Pesona Kementerian Pariwisata Jakarta, Minggu 21 Mei 2017. "Melalui ajang TIFF kami menargetkan kunjungan wisatawan mancanegara kurang lebih 6 ribu dan wisatawan lokal sebanyak 160 ribu," ujar Wali Kota Tomohon, Jimmy F. Eman.

Jimmy mengatakan TIFF untuk memantapkan citra Tomohon sebagai Kota Bunga. Selain itu merupakan salah satu promosi pariwisata Kota Tomohon. TIFF yang tiap tahun dilaksanakan itu telah menjadi agenda nasional serta mendunia.

"Karena memang pagelaran ini turut diikuti juga peserta mancanegara lewat Tournament of Flower atau parade kendaraan hias bunga," ujar Jimmy.

Sekretaris Deputi Pengembangan Kemenpar RI Mumus Muslim mengatakan, pihaknya mengapresiasi terobosan yang digulirkan Pemkot Tomohon, yang salah satunya TIFF tersebut.

Dia mengatakan, event tersebut sangat menarik dalam rangka mempromosikan Tomohon sebagai kota wisata guna menarik minat wisatawan datang ke Tomohon.

"TIFF ini merupakan upaya untuk meningkatkan daya tarik. Ini punya dampak positif bagi pengembangan perekonomian masyarakat di Kota Tomohon," ujar Muslim.

Festival Bunga Tomohon bakal digelar Agustus (Liputan6.com / Yoseph Ikanubun)

TIFF merupakan agenda tahunan diKkota Tomohon yang sudah digelar sejak 2007 lalu, kala kota sejuk itu dipimpin Wali Kota, Jefferson Rumajar. Jimmy yang meneruskan kepemimpinan Jefferson kemudian meneruskan event ini sebagai agenda tahunan yang digelar pada Agustus.

“Citra Tomohon sebagai kota bunga kian kuat dengan TIFF ini. selain itu juga mendorong ekonomi petani yang menggantung hidup dari budidaya tanaman bunga,” kata Joudy Mogi, petani bunga yang bermukim di Kelurahan Kakaskasen, kecamatan Tomohon Utara.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini