Sukses

Terlempar dari Kapal, Pelaut Yunani Diselamatkan Nelayan Aceh

Pelaut Yunani itu terombang-ambing di perairan Aceh selama lima jam sebelum diselamatkan nelayan.

Liputan6.com, Lhokseumawe - Nelayan asal Desa Bluka Teubai, Kabupaten Aceh Utara, Provinsi Aceh, menolong seorang pelaut asal Yunani yang terapung di sekitar perairan Aceh, Senin, 22 Mei 2017.

Menurut keterangan dari Panglima Laot (lembaga adat hukum laut) Kecamatan Dewantara Didi Darmadi, pelaut asal Yunani tersebut ditemukan nelayan bernama Dedy bin Kasyah sekitar 40 mil dari Pantai Dewantara.

Pelaut Yunani itu ditemukan sekitar pukul 17.00 WIB dan langsung dinaikkan ke perahu nelayan, lalu dibawa ke pinggiran Pantai Dewantara. Saat ditemukan, kondisi korban sedang terapung di laut dan dalam keadaan lemah.

"Jarak waktu tempuh antara lokasi penemuan dengan tempat yang dituju lima jam. Jam 21.00 WIB tadi baru sampai mereka ke daratan," kata Didi Darmadi, dilansir Antara.

Ia mengatakan setelah sampai di daratan, pihaknya menghubungi Polsek Dewantara. Polisi lalu membawa korban ke Rumah Sakit PT Arun, Lhokseumawe, untuk mendapat pertolongan medis.

Menurut dia, pelaut asing tersebut bernama Papargyris Charalampos (27). Korban adalah anak buah kapal (ABK) pembawa amoniak berbendera Yunani. Korban terlempar ke laut sekitar pukul 12.00 WIB, tapi baru ditemukan oleh nelayan sekitar pukul 17.00 WIB.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.