Sukses

6.000 Orang Bakal Hadiri Pelantikan Wali Kota Pekanbaru Terpilih

Saking banyaknya yang bakal hadir, undangan pelantikan Wali Kota Pekanbaru terpilih bakal dibagi dalam empat pintu.

Liputan6.com, Pekanbaru - Panitia Pelaksana Pelantikan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Pekanbaru terpilih, Firdaus-Ayat Cahyadi, menyatakan telah menyebar 6.000 undangan ke berbagai kalangan untuk menyambut pemimpin baru di ibu kota Provinsi Riau tersebut.

"Seluruhnya kita undang, tokoh masyarakat, ulama, pejabat hingga tim sukses," kata Asisten 1 Sekretaris Daerah Kota Pekanbaru, Azwan di Pekanbaru, dilansir Antara, Senin (22/5/2017).

Ia menjelaskan, ribuan undangan dari beragam kalangan itu nantinya akan berkumpul di Gelanggang Olahraga Remaja Kota Pekanbaru, Jalan Jenderal Sudirman, yang menjadi lokasi pisah sambut antara pemimpin terpilih dengan Penjabat Wali Kota Edwar Sanger.

Secara umum, kegiatan tersebut juga ditujukan sekaligus untuk menyambut bulan suci Ramadan. Selain itu, masyarakat juga akan diperkenankan untuk menyampaikan aspirasinya langsung kepada pasangan pemimpin baru.

Lebih jauh, guna mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan, panitia telah menyiapkan sejumlah skema, terutama untuk mengantisipasi membludaknya undangan.

"Dari undangan telah disiapkan pintu A, B, C, dan D. Jadi masuknya tidak berbarengan. Kemudian yang masuk adalah yang sesuai dengan undangan," tuturnya.

Kegiatan pisah sambut akan dilakukan pada Senin siang setelah pelantikan di Gedung Daerah Provinsi Riau, Jalan Diponegoro, Pekanbaru, pagi ini. Selain pasangan Kepala daerah Kota Pekanbaru, turut dilantik Bupati dan Wakil Bupati Kampar, Aziz Zaenal-Catur Sugeng.

Polresta Pekanbaru menyatakan sebanyak 627 personel gabungan dari Polda Riau dan Polresta Pekanbaru juga siap untuk diturunkan dalam proses pelantikan itu.

"Insya Allah kita siap untuk mengamankan hasil pesta demokrasi ini," kata Wakil Kepala Polresta Pekanbaru, AKBP Edy Sumardi.

Lebih jauh, Edy mengatakan pihaknya akan fokus pada empat hal, yakni pejabat yang akan dilantik, tamu undangan, panitia, dan seluruh orang yang hadir. Selanjutnya barang, lokasi, dan seluruh rangkaian acara pelantikan.

Sementara itu, sistem pengamanan akan terbagi menjadi tiga ring, yakni ring 1, ring 2 dan ring 3, sehingga pengamanan akan lebih difokuskan pada masing-masing ring. Berikutnya, Edy menuturkan pihaknya turut menyiapkan kendaraan taktis serta rute cadangan guna mengantisipasi hal yang tidak diinginkan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini