Sukses

Cara Unik Polsek Medan Area Antisipasi Tahanan Kabur

Ada tahanan mendapat kejutan saat ulang tahun.

Liputan6.com, Medan - Maraknya kasus tahanan kabur dalam beberapa waktu belakangan membuat pihak kepolisian semakin meningkatkan keamanan. Di Kota Medan, Sumatera Utara, ada strategi menarik yang digunakan pihak kepolisian untuk mengantisipasi kasus serupa.

Cara unik yang dilakukan Kepolisian Sektor (Polsek) Medan Area ini adalah memberikan surprise (kejutan) kepada seorang tahanan kasus pencurian uang Rp 9 juta.

"Tahanan yang mendapat surprise tersebut bernama Roby. Surprise diberikan karena yang bersangkutan berulang tahun," kata Kapolsek Medan Area Kompol Arifin, Sabtu 20 Mei 2017.

Dia mengatakan kejutan itu untuk mengantisipasi tahanan kabur. Cara ini sebagai langkah persuasif pihak kepolisian kepada para tahanan untuk tidak melakukan tindakan yang dapat melawan hukum lainnya.

"Belakangan ini bermunculan adanya tahanan kabur. Langkah ini untuk mencegah itu," jelasnya.

Arifin menuturkan, surprise kepada Roby sebelumnya telah dirancangnya bersama personilnya. Skenarionya adalah menanyakan kepada para tahanan apakah sudah mandi atau belum. Bagi tahanan yang belum mandi diberikan hukuman push-up.

"Kita punya data diri tahanan, dan sudah tahu tahanan atas nama Roby berulang tahun," ucapnya.

Setelah petugas menanyakan kepada tahanan terkait siapa saja yang sudah mandi dan yang belum, para tahan kompak menyebut nama Roby. Selanjutnya Roby mendapatkan hukuman push-up.

Kemudian, pria yang baru dua minggu menghuni RTP Polsek Medan Area itu langsung disalami oleh para tahanan lain dan personil jaga sembari diberikan kue ulang tahun.

"Lalu kita makan bersama. Banyak cara untuk mendekatkan diri kepada tahanan, agar mereka taat menjalani proses hukum yang menjeratnya," Arifin menandaskan.

Mendapat surprise ulang tahun dari polisi dan teman-teman sesama tahanan, Roby terharu juga gembira. Ulang tahun dirayakan penuh keserderhanaan, Roby juga tampak menyantap kue ulang tahun bersama yang lainnya.

Total tahanan di Mapolsek Medan Area berjumlah 16 orang. Sementara 26 tahanan lainnya dititipkan di rutan. Pihak Polsek Medan Area rutin memeriksa barang bawaan pengunjung untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini