Sukses

Mendadak Jadi Wali Kota Risma di Geekfest 2017

Beragam inovasi digital dijumpai di Geekfest 2017.

Liputan6.com, Surabaya - Beragam inovasi digital tersaji di Geekfest 2017 di Mall Perijinan Jalan Tunjungan Surabaya, Sabtu-Minggu, 20-21 Mei 2017. Salah satu yang menarik perhatian adalah booth eksperimental Smart City Surabaya.

Para pengunjung yang rata-rata berusia muda tersebut mencoba karya DC Imaji yang bekerjasama dengan KokBisa?. Mereka menjelajahi keaslian Kota Pintar Surabaya dengan menggunakan teknologi virtual reality.

"Kami membuat content virtuality tentang smart city kota Pahlawan dan mengajak pengunjung untuk merasakan bagaimana menjadi seorang Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini dalam menjalankan tugas," tutur Co Founder DC Imaji, Utomo Widiasa, di lokasi Geekfest 2017, Minggu (21/5/2017).

Dia menjelaskan, selama ini pihaknya lebih fokus untuk mengerjakan foto dan video 360 dalam kegiatan properti dan pariwisata. Kreasi keliling Surabaya 360 ini karena Pemerintah Kota (Pemkot) Surabaya dengan tangan terbuka menggandeng pihaknya untuk menampilkan karya kolaborasi industri kreatif.

"Tertarik ke Bu Risma karena sangat mendukung untuk menggabungkan kreativitas dan teknologi anak muda dan mau terlibat langsung. Ini merupakan karya pertama kali di pemerintahan Indonesia," ucapnya.

Sementara itu, founder KokBisa? Ketut Yoga Yudistira menyampaikan, dalam teknologi virtual reality tersebut, pengunjung ditantang berkeliling Surabaya dan melihat bagaimana wali kota yang karib disapa Risma itu bekerja. Aktivitasnya mulai dari mengontrol kemacetan, membangun ruang publik seperti taman dan jembatan di Kenjeran, serta memantau perizinan.

"Agar pengalaman tersebut terasa semakin nyata, kami menggunakan teknologi video 360 yang berkolaborasi dengan DC Imaji yang merupakan pakar teknologi 360," katanya.

Salah satu pengunjung Geekfest 2017, Anis, mengaku jika penampilan teknologi virtual reality tersebut sangat menarik.

"Bagus, karena bisa melihat kota Surabaya dan melihat Bu Risma bersama menata kota Pahlawan ini. Jadi paham sulitnya menata kota," ujar warga Gunung Sari Indah Surabaya itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.