Sukses

Antisipasi Kejahatan Selama Ramadan

Potensi kejahatan satu ini bisa meningkat selama Bulan Ramadan karena disebabkan salah satunya oleh naiknya harga kebutuhan pokok.

Liputan6.com, Bandung - Tingkat kriminalitas berpotensi meningkat memasuki Bulan Ramadan seiring banyaknya momentum bagi penjahat. Aksi kejahatan menjadi salah satu fokus dan perhatian kepolisian dengan melakukan pengamanan ekstra.

Kebutuhan pokok yang kian meningkat diduga menjadi salah satu penyebab meningkatnya kejahatan. Salah satu kejahatan yang mesti diwaspadai masyarakat selama Bulan Ramadan adalah pencurian.

Sebab tidak menutup kemungkinan orang berbuat nekat untuk mencari rezeki yang tidak halal karena tingginya harga kebutuhan saat Bulan Ramadan.

"Kerawanan-kerawanan yang bisa terjadi selama Ramadan ini seperti pencurian. Peningkatan kebutuhan sudah biasa di Indonesia. Jadi kalau orang mentalnya kurang, bisa jadi cari rezeki dengan cara tidak halal," ujar Kapolda Jawa Barat Irjen Anton Charliyan saat ditemui di Markas Polda Jabar, Kota Bandung, Kamis (18/5/2017).

Untuk itu, sebagai bagian antisipasi yang dilakukan Korps Bhayangkara dalam menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat selama Bulan Ramadan, pihaknya akan melakukan sejumlah Operasi Ketupat. Khususnya di wilayah hukum Polda Jawa Barat.

"Langkah Polri sendiri ada operasi ketupat untuk operasi kelancaran ketertiban lalu lintas dan juga untuk menekan angka kriminalitas," ujar Anton.‎

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini