Sukses

12 Tahanan Kabur Belum Tertangkap, Polres Binjai Gencarkan Razia

Aparat gabungan masih memburu 12 dari 18 tahanan kabur Polres Sinjai, Sumatera Utara.

Liputan6.com, Binjai - Aparat gabungan terus memburu tahanan kabur Polres Binjai, Sumatera Utara. Sejak dikabarkan 18 tahanan kabur pada Sabtu, 13 Mei 2017 sekitar pukul 20.00 WIB, saat ini sudah enam tahanan yang diringkus.

Kepala Bidang Humas Polda Sumut Kombes Pol Rina Sari Ginting mengatakan, keenam tahanan kabur tersebut diringkus dari berbagai lokasi berbeda. Ada yang diringkus di sekitar kawasan Kota Binjai. Ada pula tahanan kabur yang diserahkan oleh keluarga.

"Dari enam yang telah berhasil diringkus, empat diserahkan oleh keluarga dan dua lagi diringkus di kawasan Binjai," ucap Rina kepada Liputan6.com, Minggu (14/5/2017).

Dengan kembali ditangkapnya enam tahanan tersebut, ada 12 tahanan masih diburu tim gabungan yang terdiri dari 200 personel Polres Binjai dan 60 anggota Satuan Brimob. Pihak kepolisian telah membentuk tim untuk melaksanakan razia di delapan titik. Ada pula polisi yang bertugas menghubungi keluarga dan pencarian ke rumah keluarganya.

Selain itu, tiga petugas piket saat tahanan kabur, Bripka Deddy Koto, Brigadir Persadanta Ginting, dan Briptu Try Gusti, sedang diperiksa.

"Masih diperiksa secara internal, hasilnya nanti kita sampaikan. Kita juga sudah terbitkan Daftar Pencarian Orang (DPO) terhadap 12 orang tahanan yang masih melarikan diri dan belum tertangkap," Rina menjelaskan.

Sebelumnya, 18 dari 36 tahanan narkoba Polres Binjai kabur dengan cara menjebol tembok kamar mandi. Tepatnya dinding di atas WC dilubangi dengan menggunakan gerendel pintu sel yang terlebih dahulu dilepas oleh para tahanan yang kabur.

Para tahanan kabur diketahui oleh tahanan lainnya yang usai salat. Para tahanan yang melihat aksi kabur itu berteriak ada tahanan kabur. Mendengar teriakan, petugas piket Bripka Deddy Koto, Brigadir Persadanta Ginting, dan Briptu Try Gusti melaporkan ke atasan.

Berikut enam tahanan kabur yang telah diringkus:

1. Rizqy Prayudha alias Yudha, diringkus pukul 02.00 WIB (Diserahkan keluarga)
2. Boncu Ali Kenap, diringkus pukul 02.30 WIB (Diserahkan keluarga)
3. Sehat Ginting alias Keling, diringkus pukul 03.15 WIB (Ditangkap di seputaran Binjai)
4. Radit Ananda Ginting, diringkus pukul 03.40 WIB (Ditangkap di seputaran Binjai)
5. Deni Syahputra alias Deni, diringkus pukul 08.00 WIB (Diserahkan keluarga)
6. Arfan Ramadan alias Dedek, diringkus pukul 10.00 WIB (Diserahkan keluarga)

Berikut 12 tahanan kabur yang masih diburu:

1.  Sukarno alias Karno
2.  April Ramadani alias April
3.  Ade Irawan alias Bram
4.  Feri Anwar
5.  Bambang Syahputra
6.  Ade Irawan
7.  Syaifuddin alias Syaiful
8.  Devi Piliang alias Debrik
9.  Dede Syahputra alias tarso
10. Erwin
11. Hendrik Perdamean alias Jonggur
12. Syafruddin Lubis alias Udin.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.