Sukses

Spanduk Penolakan Tersebar, Rizieq Shihab Tetap Datang ke Garut

Rizieq Shihab berencana menghadiri acara tablig akbar di alun-alun Masjid Agung Garut, Kamis besok.

Liputan6.com, Garut - Pentolan Front Pembela Islam (FPI) Rizieq Shihab memastikan tetap akan hadir dalam acara tablig akbar di alun-alun Masjid Agung, Kabupaten Garut, Jawa Barat, pada Kamis, 11 Mei 2017.

"Acaranya tidak berubah, besok jam 07.00, pengajian habib (Rizieq) tetap dimulai," ujar petugas Masjid Agung Garut, Dudi AS, saat ditemui Liputan6.com, Rabu (10/5/2017) pagi.

Menurutnya, seluruh surat dan administrasi pengajuan sudah lengkap dan tidak ada perizinan yang dilanggar. Karena itu, tidak ada alasan menolak pengajuan peminjaman tempat untuk kegiatan.

"Apalagi, acaranya di alun-alun (halaman) bukan di dalam masjid," kata dia.

Saat disinggung mengenai banyaknya spanduk penolakan dari beberapa elemen masyarakat Garut atas kehadiran Rizieq Shihab, Dudi menegaskan jika pengajuannya hanya untuk pengajian.

"Kalau mau lebih jelas, bisa tanya FPI Garut langsung. Tapi dari rencana acaranya hanya pengajian saja, tidak ada muatan politik," ujar dia.

Dudi menambahkan, untuk kelangsungan acara itu, surat pengajuan sudah disampaikan sejak sepekan lalu. "Ah, mungkin sama saja pengajian habib (Rizieq) dengan di daerah lain, beberapa waktu lalu di Kadungora juga tidak ada apa-apa. Jadi, silakan saja," kata dia.

Sebagai bentuk penegasan kedatangan Rizieq Shihab, satu spanduk pemberitahuan mengenai acara pengajian tablig akbar terpampang di depan halaman Masjid Agung Garut, pagi ini.

Rizieq Shihab berencana menghadiri acara tablig akbar di alun-alun Masjid Agung Garut, Kamis besok. (Liputan6.com/Jayadi Supriadin)

Dalam empat hari terakhir, deretan spanduk penolakan tablig akbar Rizieq Shihab beredar luas di sejumlah bilangan tempat strategis kabupaten Garut, Jawa Barat.

Spanduk bertuliskan "Islam Rahmatan Lil Alamin, Islam petunjuk kedamaian, tolak ulama provokator yang mengatasnamakan islam, Tolak Habib Rizieq", tertanda Persatuan Umat Muslim Garut yang tercatat di sebelah kanan bawah spanduk ditemukan banyak tersebar di wilayah Garut.

Beberapa tokoh setempat keberatan dengan kehadiran Rizieq Shihab karena dikhawatirkan mengganggu suasana kondusif di Garut yang warganya terkenal santun dan ramah, akibat dakwahnya yang kerap meledak-ledak.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.