Sukses

Pembinaan Tumbuh Kembang Balita di Garasi Mobil

Ada 52 balita yang dibina tumbuh kembangnya di garasi ini.

Liputan6.com, Purbalingga - Sebuah garasi kecil berubah bak taman bermain. Puluhan balita bercengkerama dengan riang gembira. Itulah suasana di kelompok Bina Keluarga Balita (BKB) Mentari yang ada di RT 2 / RW 2 Desa Bajong, Kecamatan Bukateja, Purbalingga, Jawa Tengah.

Setidaknya, ada 52 balita yang dibina tumbuh kembangnya oleh kader kesehatan dan kader keluarga berencana Desa Bajong di tempat tersebut. Berkat kerja keras mereka anak-anak balita itu bisa tumbuh ceria dan sehat.

"Di sini banyak balita yang perlu pembinaan tumbuh kembang anak melalui pola asuh yang benar," ujar Siti Khasiroh Ketua BKB Mentari Bumi saat mendapat kunjungan Tim Penilai Lomba BKB Tingkat Jawa Tengah, Kamis 4 Mei 2017.

Khasiroh mengatakan, keprihatinan tersebut yang melatarbelakangi pendirian BKB Mentari. Ketiadaan lahan menjadi kendala kala itu. Sampai akhirnya garasi milik kepala dusun dijadikan tempat untuk BKB Mentari ini.

"Saat itu memang tidak ada tempat yang memadai, maka pak kepala dusun kami mempersilahkan menggunakan garasi mobil di rumahnya untuk menggelar aktivitas posyandu dan penyuluhan terhadap orangtua balita," katanya.

BKB Mentari pun berkembang. Dengan semakin banyaknya balita yang dibina, maka ruangan garasi tidak cukup. Pemilik rumah akhirnya mempersilahkan menggunakan teras rumah dan ruang tamu untuk dimanfaatkan sebagai kelas BKB pada pagi hari. Kemudian pada siang hari digunakan sebagai Taman Kanak-kanak.

Ada 52 balita yang dibina tumbuh kembangnya di garasi ini. (Liputan6.com/Gun ES).

Kegiatan yang dijalankan di BKB Mentari, antara lain penyuluhan, parenting, pembinaan kader, pelatihan kampung Keluarga Berencana, lomba ibu dan balita, gerakan cuci tangan, gerakan minum susu, fun day, senam anti penyakit stroke, senam Keluarga Berencana, membuat kerajinan bros dan lain sebagainya.

Kiprah BKB mentari pun mendapatkan apresiasi. Tim penggerak PKK Purbalingga memilih sebagai yang terbaik di tingkat kabupaten dan mengirimkannya pada lomba tingkat provinsi. Hasilnya pun tak mengecewakan, BKB Mentari masuk tiga besar.

"Kami juga siap mendukung dan mengawal terus sampai ke lomba tingkat nasional," kata Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Purbalingga, Erni Widyawati Tasdi.

Menurutnya, peran BKB sangat strategis karena lembaga tersebut melakukan upaya peningkatan pengetahuan, ketrampilan dan kesadaran ibu serta anggota keluarga lain dalam membina tumbuh kembang balitanya melalui rangsangan fisik, motorik, kecerdasan, sosial, emosional, serta moral.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini