Sukses

Ikan Hiu Tunjukkan Giliyang, Pulau Oksigen Dosis Tinggi di Madura

Pulau Giliyang dengan kadar oksigen tinggi pertama kali ditemukan orang mandar.

Liputan6.com, Sumenep - Pulau Giliyang populer beberapa tahun belakangan. Pulau ini istimewa karena memiliki kandungan oksigen tertinggi di dunia setelah daerah di Yordania. Kandungan oksigen tinggi di Pulau Giliyang dibuktikan penelitian LAPAN pada 2006. Giliyang juga dijuluki Pulau Awet Muda. Banyak penduduk lanjut usianya masih bugar.

Pulau Giliyang terletak di Kecamatan Dungkek, Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur. Sebagian menyebutnya Giliyang dengan Gili Iyang.

Dari kisah warga setempat, ada dua versi sejarah Giliyang. Pertama, disebut Gili Iyang yang artinya gila dari nenek moyang. Dahulu pulau ini jadi lokasi pembuangan orang gila. Versi kedua, asal muasal nama pulau itu adalah Gili Elang, pulau elang atau pulau yang hilang, sesuai bahasa Madura. Pada era Belanda, pulau ini tidak ditemukan.

Dari hasil verifikasi Tim Pembakuan Nama Rupabumi pada 20016, seperti dikutip dari situs Kementerian Kelautan dan Perikanan, nama pulau ini dibakukan jadi Giliyang.

Pulau Giliyang pertama kali ditemukan orang mandar bernama Daeng Masaleh pada 1926. Dia yang pertama kali membuka jalan dan membabat hutan pulau Giliyang. Menurut tetua Giliyang, Daeng Masaleh dari Sulawesi sampai Giliyang dituntun ikan hiu.

Begitu menemukan daratan, awalnya Daeng Masaleh mendarat di ujung utara Pulau Giliyang. Dia kemudian pindah ke bagian barat karena terdapat wabah kusta di daerah itu. Daeng Masaleh kemudian menetap di bagian timur, yang sekarang dikenal sebagai wilayah Desa Bancamara. Seiring waktu, Giliyang berkembang hhingga kini.

Pada Minggu (23/4/2017) Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia, Imam Nahrawi, menyempatkan berkunjung ke Giliyang. Dia mengatakan pulau dengan kandungan oksigen yang cukup tinggi seperti ini jarang sekali ditemukan di pulau-pulau lain yang ada di indonesia.

"Di Kabupaten Sumenep ini ada satu destinasi wisata yang langka dan tidak dimiliki tempat-tempat lain di Indonesia, kecuali di Giliyang. Kandungan oksigennya sangat tinggi sekali, bagus untuk kesehatan," katanya saat berkunjung ke Gili Iyang, Minggu 23 April 2017.

Tingginya kadar oksigen di Pulau Gili Iyang tentu sangat dirindukan orang yang selama ini tinggal di daerah yang polusinya cukup tinggi. Maka mereka selalu menginginkan sewaktu-waktu bisa menikmati udara lebih segar dari pada di daerah lain dengan cara liburan di wisata kesehatan daerah ujung timur Pulau Madura ini.

"Tentu siapa pun pasti ingin mendapatkan udara oksigen yang lebih bagus dari pada tempat-tempat biasa kita tinggal. Makanya kita mensyukuri nikmat Allah ini," kata dia.

"Mumpung ada waktu saya ingin mengkampanyekan agar siapapun berusaha datang ke Pulau Giliyang, agar kita memperoleh oksigen terbaik yang dimiliki negeri ini," kata Imam. 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini