Sukses

Tak Ada Kue Ulang Tahun untuk Sultan HB X

Perayaan sederhana untuk memperingati ulang tahun ke-71 Sultan HB X tidak dihadiri oleh GKR Hemas.

Liputan6.com, Yogyakarta - Raja Keraton Yogyakarta sekaligus Gubernur DIY Sultan HB X baru saja berulang tahun ke-71.Sultan yang lahir 2 April 1946 itu memperingati ulang tahunnya secara sederhana tahun ini.

Putri bungsu Sultan HB X, GKR Bendoro mengatakan tahun ini Ngarso Dalem, sebutan bagi Sultan, ingin acara ulang tahunnya diperingati secara sederhana. Sultan bahkan hanya menghabiskan waktu di hari jadinya di dalam keraton bersama keluarga.

"Kemarin tidak ada acara besar karena Ngarso Dalem hanya makan malam juga makan siang. Ditambah ibu sedang sibuk, kakak-kakak sedang sibuk, kita hanya saja kumpul. Tidak ada yang spesial," ujar Jeng Reni, sapaan akrab GKR Bendoro, di Kepatihan, Selasa, 4 April 2017.

Jeng Reni menjelaskan keinginan berkumpul dan menghabiskan waktu dengan keluarga diungkapkan Sultan sendiri. Saat perayaan itu, GKR Hemas, istri Sultan, tidak bisa hadir karena disibukkan kegiatan sebagai anggota DPD.

"Ibu masih di Jakarta acara DPD. Tidak acara potong kue karena sudah terlalu tua," ujar dia.

Menurut dia, Ngarso Dalem lebih senang berkumpul sama anak dan cucu.  Meski begitu, Sultan berharap agar di usianya yang terus bertambah dapat diberi manfaat kepada rakyat dan warganya.

"Beliau sudah tidak muda lagi, 71 ya. Beliau rintangan hidup dipermudah. Saya melihat orang lain umur segitu sudah pensiun kan. Sementara, beliau memikul tanggung jawab gubernur seumur hidup. Itu tidak mudah. Orang melihat sisinya enak jadi gubernur nggak perlu nyalon lagi," ujar Jeng Reni.

Ia juga berharap agar Ngarso Dalem diberikan kesehatan. Ia bersyukur karena Sultan HB X sangat menjaga pola makannya sehingga diharapkan dapat memperpanjang usianya. Sebab, saat ini ayahnya juga sedang menghadapi permasalahan.  

"Tidak ada kata ambisi dari beliau. Amarah kebencian dari beliau, sekian orang mengatakan apapun kepada beliau, tapi beliau sudah tidak boleh marah," kata Reni.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.