Sukses

Sayembara Tangkap Pencuri Kambuhan Berhadiah Meja Makan

Pencuri kambuhan itu tidak hanya beraksi malam hari, tetapi juga siang dan pagi hari dengan sasaran pencurian beragam.

Liputan6.com, Yogyakarta - Seringnya pencurian di wilayah RT 27 RW 07, Warungboto, Umbulharjo, Kota Yogyakarta membuat warga jengah. Mereka lalu melakukan berbagai cara agar pencuri itu tertangkap. Salah satunya dengan membuat sayembara menangkap maling beserta alat buktinya.

Warga sekitar memasang spanduk sayembara di lima titik di wilayah RT 27 RW 07, Warungboto dengan hadiah sebesar Rp 1 juta dan furnitur berupa meja makan. Hadiah dalam sayembara itu berasal dari kocek RT.

Ketua RT 27, Agus Nurudin mengatakan, ide sayembara menangkap maling beserta barang buktinya itu beradal dari aspirasi warga di grup Whatsapp warga. Warga kesal pencuri sering nyolong di wilayahnya.

"Ada dua tujuan sayembara itu. Pertama, agar para pencuri berhati-hati dan membatalkan niatnya mencuri jika masuk ke wilayah RT 27. Kedua, agar warga juga turut semangat menjaga keamanan lingkungan sekitar sehingga tidak ada lagi pencurian di RT 27," ujar Agus saat dihubungi, Kamis, 23 Maret 2017.

Menurut dia, sayembara dibuat warga karena dalam tiga bulan terakhir terjadi tiga kali pencurian. Pencurian terakhir terjadi pada 17 Maret yang lalu yang menghilangkan satu laptop dan ponsel milik mahasiswi yang kos di wilayah RT 27.

"Pencurian yang terakhir terjadi pada pagi hari. Sekitar pukul 07.00 WIB. Waktu pencurian di wilayah kami tidak pasti malam hari. Kadang siang atau malah pagi hari," kata Agus.

Ketua RT dua periode itu mengatakan sayembara ini akan berjalan hingga setelah lebaran. Sebab, aksi pencurian biasanya marak terjadi di Kota Yogyakarta saat lebaran.

"Uang hadiah dan furnitur meja makan untuk sayembara itu uang pribadi saya. Saya rela mengeluarkan uang pribadi asalkan wilayah kami aman dari pencurian," kata Agus.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini