Sukses

Tim Jupiter Siap Belah Langit Pekanbaru

Atraksi Tim Jupiter akan dibuka untuk umum secara gratis pada Minggu, 26 Maret mendatang di Lanud Roesmin Nurjadin, Pekanbaru.

Liputan6.com, Pekanbaru - Tim Aerobatik Jupiter atau Jupiter Aerobatic Team (JAT) TNI Angkatan Udara akan menggelar atraksi di langit Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Atraksi pesawat ini digelar usai Tim Jupiter membawa nama Indonesia di Langkawi Internasional Maritime and Aerospace (LIMA) 2017, Malaysia.

"Atraksi akan digelar di Lanud Roesmin Nurjadin," ucap Kepala Penerangan Lanud Roesmin Nurjadin Mayor Sus Rizwar di Pekanbaru, Kamis, 23 Maret 2017, seperti dilansir Antara.

Rizwar mengatakan, pertunjukan menarik tersebut akan dibuka untuk umum secara gratis pada Minggu, 26 Maret mendatang di Lanud Roesmin Nurjadin. Tepatnya di selter Skuadron Udara 12.

Untuk itu, ia mengimbau warga agar dapat menyaksikan manuver serta pamer keahlian yang dilakukan oleh para pilot andal serta terlatih saat menerbangkan enam pesawat KT-1B Wong Bee tersebut.

Secara terpisah, Komandan Lanud Roesmin Nurjadin Marsekal Pertama Henri Alfiandi mengatakan, mayoritas penerbang JAT merupakan alumni penerbang pesawat tempur Hawk 100/200 dari Skuadron Udara 12.

Ia menjelaskan, atraksi yang akan melibatkan 12 pilot tersebut akan menjadi bagian dari reuni antara JAT dengan Lanud Roesmin Nurjadin. Sebelumnya, JAT sempat menyapa langit Pekanbaru dalam rangkaian perjalanannya dari Pangkalan Udara Adisucipto, Yogyakarta menuju Langkawi, Malaysia, Kamis, 16 Maret lalu.

Atraksi pesawat berlangsung sekitar 10 menit, dimulai dari arah Lanud Roesmin Nurjadin menuju pusat pemerintahan sekitar Jalan Jenderal Sudirman Kota Pekanbaru. Kemudian, atraksi berlanjut mengelilingi Kota Bertuah itu di sejumlah penjuru.

Sejumlah formasi menarik dipamerkan oleh penerbang profesional tersebut. Atraksi kemudian diakhiri dengan melakukan pendaratan di Lanud Roesmin Nurjadin, Kota Pekanbaru.

Sebelum mengunjungi Kota Pekanbaru, JAT yang berangkat dari Lanud Adisucipto, Yogyakarta, singgah di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, kemudian menuju Pangkalan Udara TNI Sri Mulyono Herlambang, Palembang.

Tim Jupiter atau JAT saat ini masih mengikuti LIMA 2017 yang akan berakhir pada Sabtu, 25 Maret mendatang. Gelaran kedirgantaraan itu diikuti banyak negara seperti Rusia, Korea, Malaysia, dan sejumlah negara lainnya. Sementara JAT TNI AU akan berpartisipasi di dalamnya sebagai duta bangsa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini