Sukses

Tahanan Kasus Penipuan Rutan Sikka Kabur Usai Ibadah Minggu

Tahanan kasus penipuan itu kabur dengan membengkokkan besi pengaman tahanan.

Liputan6.com, Sikka - Seorang tahanan di Rumah Tahanan Klas II B Sikka, Nusa Tenggara Timur, bernama Hendy Hermanto Putra bin Harjotukijo kabur usai mengikuti ibadah di gereja, Minggu, 19 Maret 2017.

Hermanto merupakan warga RT 02 RW 01 Kecamatan Alok Timur, Maumere, Sikka. Dia berstatus tahanan A III dengan perkara penipuan.

Kaburnya Hermanto diketahui pihak Rutan setelah komandan dan kepala Rutan melakukan apel pengecekan.

"Setiap hari Minggu, di Rutan Maumere diadakan kegiatan ibadah bersama masyarakat, sekitar termasuk pegawai yang beragama Katolik. Tahanan tersebut memanfaatkan peluang pada saat semua petugas dan narapidana melakukan ibadah di kapela," ujar Kepala Rutan Kelas IIB Maumere Hudi Ismono, kepada Liputan6.com, Senin (20/3/2017).

Menurut dia, tahanan diperkirakan kabur ada pukul 08.15 Wita melewati lubang belakang tahanan dengan membengkokkan besi pengaman tahanan. "Saat itu, kekuatan regu jaga ada tiga orang penjaga. Satu P2U, satu komandan jaga dan satu petugas blok," kata Hudi.

Dia menambahkan, saat ini pihaknya sudah membuat tim untuk mencari penipu itu. Pihaknya belum memastikan dari mana tahanan tersebut memperoleh alat untuk meloloskan diri.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini