Arti Harimau yang Meleset Jadi Macan Lucu bagi Kodam Siliwangi

Oleh Dinny Mutiah pada 17 Mar 2017, 19:21 WIB

Liputan6.com, Jakarta - Enam tahun berdiri, patung harimau yang disebut macan lucu oleh netizen akhirnya hancur lebur. Posisinya di depan kantor Koramil Cisewu Garut itu kini digantikan dengan sosok harimau yang lebih garang dan gagah.

Kepala Penerangan Kodam III/Siliwangi Kolonel Arh Desi Ariyanto menegaskan, penggantian itu penting agar sosok harimau lebih sesuai dengan karakter yang menjadi simbol Kodam yang membawahi wilayah Jabar, kecuali Bekasi, dan Banten.

Desi menerangkan sosok harimau dipilih merepresentasikan Kodam III/Siliwangi berdasarkan kisah Prabu Siliwangi. Ia merupakan seorang raja Kerajaan Galuh di tatar Pasundan yang terkenal dengan kepribadian menawan.

"Pada saat dia memerintah, Prabu Siliwangi itu dikenal arif, bijaksana, ulet, pantang menyerah, dan mau turun ke masyarakat," kata Desi.

Saat turun ke lapangan, Desi mengatakan Prabu Siliwangi selalu ditemani peliharannya yang berwujud harimau. Karena itu, harimau dijadikan ikon masyarakat Jawa Barat yang bermakna arif, bijaksana dan gagah.

"Simbol itu tidak hanya digunakan Kodam Siliwangi, tetapi simbol masyarakat Jawa Barat secara umum. Mungkin tahu sebutan Persib Maung Bandung? Itu harimau, bukan macan ya," kata Desi.

Untuk menghormati leluhur, ia mengatakan patung harimau yang dipajang semestinya menampilkan nilai yang dianut. Jika tidak sesuai, patung tersebut wajib diganti. Ia juga berterima kasih kepada warga yang menunjukkan kepedulian pada TNI melalui meme-meme macan lucu yang tersebar di media sosial.

"Maka itu, Kodam Siliwangi memerintahkan, tidak hanya di Cisewu, tapi Koramil semuanya dicek. Kalau ada yang belum sesuai, ya diganti," ujar Desi.

Sebelumnya, patung harimau berwajah melas di depan kantor Koramil Cisewu Garut sempat jadi bulan-bulanan netizen di media sosial dengan tema macan lucu. Gara-gara sindiran itu, Kodam III/Siliwangi bereaksi dengan menegur pihak Koramil setempat.

Selang beberapa lama dari teguran atasan, pihak Koramil Cisewu merobohkan si macan lucu. Penggantinya adalah sebuah patung harimau bertampang garang yang sedang mengaum dengan tubuh kekar.